Cara Menanam Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah

Cara Menanam Budidaya Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah Teratai yaitu salah satu jenis tumbuhan air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Tanaman ini tumbuh di atas air yang hening ibarat kolam, rawa atau sungai. Bunga dan daun berada di atas permukaan maritim dan tangkainya keluar dari rhizoma yang ada di dalam lumpur. Tangkai terletak di bab tengah daun bab bawah, daunnya mempunyai bentuk oval atau bulat dengan ukuran lebar yang terpotong pada bab jari-jari menuju tangkai. Daun pada teratai tidak mengandung lilin sehingga air yang jatuh diatas daun tidak akan menjadi butiran air. Warna bunga pada teratai sangat bagus kalau bunga berwarna merah maka warnanya lebih merah, kalau warnanya putih maka akan lebih putih dan apabila berwarna merah muda maka warnanya akan makin terang. Diameter bunga teratai berkisar antara 5 cm – 10 cm. Banyak sekali spesies dari teratai yang tersebar di seluruh wilayah tropis dan subtropis. Teratai yang tumbuh di tempat tropis berasal dari Mesir yang banyak di pinggir sungai nil. Kira-kira terdapat sekitar 50 spesies bunga terataio yang tersebar di dunia.



Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Nymphaeales

Famili: Nymphaeaceae

Genus: Nymphaea



Cara Menanam Bunga Teratai


Pembibitan Bunga Teratai


Perbanyakan bibit bunga teratai sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu melalui biji atau tunas akar. Namun tidak semua sanggup diperbanyak melalui biji, untuk itu sanggup dilakukan dengan cara kedua, selain cepat tumbuh dan berbunga dengan cara pilih dan pisahkan tunas akar bibit dari pangkal indukan dengan hati-hati tanpa merusak perakaran atau batang teratainya alasannya yaitu kalau rusak maka tumbuhan akan mati, sesudah dipisahkan sanggup pribadi ditanam.


Penanaman Bunga Teratai


Persiapkan dahulu media tanam dan tenmpat tanam bunga teratai, carilah tempay yang berair, baik kolam, danau, air mancur,ataupun pot dengan wadah yang kedap air. Buatlah media tanam dengan mencampurkan pasir dengan sedikit tanah dan pupuk kandang/pupuk kompos halus denganperbandingan 1 : 1/2: 1/2. Selanjutnya letakkan dalam pot kedap air dan isi pot dengan air hingga menggenang kemudian tanam bibit bunga teratai di media tanam.


Perawatan Bunga Teratai


Karena bunga teratai sangat suka air yang banyak maka jangan hingga genangan air berkurang. Jika teratai sudah tumbuh besar, segera pindahkan ke pot yang berukuran lebih besar atau pisahkan tunasnya untuk dibesarkan di pot lain. Jangan lupa juga untuk memperlihatkan pupuk cair secara bersiklus yaitu setiap 2-2,5 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel