Cara Sukses Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah

Cara Menanam Budidaya Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah – Krisan atau bunga seruni atau bunga kristanium merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tumbuhan hias pekarangan atau bunga petik untuk hiasan pot dalam ruangan.


Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya/cara menanam bunga krisan dalam pot. Bibit bunga krisan yang akan ditanam berasal dari bibit stek yang diambil dari tumbuhan induk.


Cara Menanam Bunga Krisan Di Pot


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang akan dipakai untuk menanam bunga krisan dalam pot yaitu adonan tanah gambut (peat moss), cacahan sabut kelapa (coco peat) dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:4. Media tanam yang telah disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam pot sampai penuh kemudian disiram sampai jenuh kemudian buatlah lubang tanam sebanyak lima buah dengan cara ditugal sedalam 10 cm. Tinggi pot yang dipakai yaitu sekitar 15 cm dan mempunyai diameter sekitar 13 cm.


Penanaman Bibit Bunga Krisan


Sebelum ditanam, bibit bunga krisan diseleksi dan dipilih menurut tinggi yang sama terlebih dahulu. Penanaman bunga krisan sebaiknya dilakukan pada pagi hari semoga bibit tidak stres akhir panas.


Penanaman bibit krisan dilakukan secara manual dengan tangan. Bibit yang dimasukkan ke dalam lubang diusahakan mempunyai posisi tegak lurus dan tinggi yang sama alasannya yaitu akan mempengaruhi sifat tumbuhnya. Pengkabutan atau penyiraman dilakukan segera sehabis penanaman final dengan memakai power sprayer selama kurang lebih 30 menit.


Pemeliharaan Bunga Krisan Dalam Pot


Perlakuan hari panjang yaitu perlakuan fase vegetatif yang dilakukan selama 4 hari sehabis tanam meliputi: penyiraman, penerangan dengan lampu 100 watt dan pembuangan pucuk atau topping.


Penyiraman sangat dipengaruhi musim. Jika ekspresi dominan kemarau, penyiraman dilakukan setiap hari sedangkan ekspresi dominan hujan, penyiraman dilakukan dengan melihat kondisi tanaman. Penyiraman dilakukan memakai selang yang digerakkan manual memakai tangan. Bunga krisan juga membutuhkan pencahayaan yang cukup maka diharapkan penerangan jikalau pot diletakkan dalam ruangan.


Pembuangan pucuk atau topping dilakukan pada hari ke-4 sehabis tanam. Pembuangan pucuk ini dilakukan secara manual memakai tangan.


Pada hari ke-5 sehabis tanam, pot dipindahkan ke dalam lahan ke green house yang dilengkapi dengan bench berukuran 4 m x 1,2 m yang beralaskan mulsa plastik berwarna putih. Dalam green house ini tumbuhan krisan tidak diberi perhiasan cahaya lagi, sehingga tumbuhan akan mulai masuk fase generatif dan fase pembungaan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel