Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen Mudah dan Sukses

Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen – Tin atau Ara ialah salah satu jenis tumbuhan penghasil buah yang sanggup dimakan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Ficus carica ini berasal dari Asia Barat. Buah yang di hasilkan tumbuhan ini sama dengan nama tumbuhannya yaitu Tin,” kata Tin berasal dari bahasa Arab yang dikenal juga dengan Ara (buah ara atau pohon ara). Tumbuhan ini bergotong-royong masih berkerabat dengan pohon beringin dari genus yang sama yaitu Ficus.


Pohon buah tin sanggup tumbuh sampai ketinggian sekitar 10 cm dengan batang lunak berwarna abu, daun agak besar berlekuk kedalam dengan 3-5 cuping. Yang disebut dengan buah bergotong-royong yaitu dasar bunga yang membentuk bulatan, ukuran panjang buahnya sekitar 3-5 cm. Buah tersebut mempunyai warna hijau ketika muda dan berwarna ungu apabila telah masak. Pohon buah tin mengandung getah yang sanggup mengeobati iritasi.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rosales

Famili: Moraceae

Genus: Ficus

Subgenus: Ficus

Spesies: F. carica


Buah tin dikenal sebagai buah suci dari taman surgawi, julukan nama tersebut diberikan sebab buah tersebut disebutkan dalam al-qur’an yaitu dalam surat at-tin. Buah tin juga mempunyai banyak manfaat ibarat sanggup meningkatkan sistem imun, mengontrol kadar gula darah

meluruhkan kerikil ginjal, menurunkan kadar lemak jahat dalam badan mencegah penuaan dini, mengobati sakit tenggorokan, mengobati benjol dan banyak sekali problem kesehatan lainnya.


Kini banyak orang mulai melaksanakan budidaya buah tin ini sebab manfaat yang terkandung didalamnya, namun bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan budidaya buah tin ini anda sanggup menanam buah tin di dalam pot.


Cara Menanam Buah Dalam Pot


Persiapan Bibit Buah Tin


Bibit buah tin sanggup diperoleh dari hasil cangkok ataupun stek. Cara mencangkok buah tin sanggup dilakukan pada pecahan batang atas pohon buah tinyang masih muda dan tanpa mengerat. Batang buah tin dibungkus dengan memakai plastik berisi media tanam sanggup berupa kompos, cocopit atau adonan tanah. Bungkus rapat batang buah tin dan diikat dengan tali rafiah. Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan saja. Setelah berumur sekitar 35-45 hari akar sudah muncul pada batang cangkok, kemudian cangkokan buah tin siap untuk dipindahkan dalam media pot.


Untuk mendapat bibit buah tin dengan cara stek batang, caranya potong batang buah tin yang sudah bau tanah atau telah berwarna cokelat bau tanah atau hitam. Pemotongan batang tersebut dilakukan secara miring sehabis itu tancapkan ke media semai ytang terbuat dari adonan tanah, pasir dan kompos. Lakukan penyiraman seperlunya saja. Setelah berumur sekitar 35-45 hari, akar mulai tumbuh dengan jumlah banyak dan bibit stek buah tin sanggup dipindahtanamkan dalam pot.


Cara Menanam Buah Tin


Bibit buah tin yang sudah siap tanam sanggup dipindahkan ke dalam pot. Media tanam yang dipakai untuk menanam buah tin dalam pot yaitu berupa adonan tanah, pasir dan kompos atau cocopit, kompos dan sekam. Penanaman buah tin dilkukan secara hati-hati semoga akar bibit buah tin baik bibit cangkok maupun stek tidak rusak. Media tanam yang sudah disiapkan masukkan ke dalam pot. Buat lubang tanam dalam media tanam, masukkan bibit buah tin kemudian urug lagi dengan media tanam dan padatkan media tanam disekeliling batang buah tin.


Cara Merawat Buah Tin


Dengan penyiraman yang maksimal maka buah tin akan tumbuh dengan maksimal. Pot buah tin di tempatkan pada kawasan yang tertuka semoga mendapat sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali sehari semoga kelembapan media tanamnya tetap terjaga. Lakukan pula pemupukan dengan memakai pupuk NPK dan pupuk kompos. Jika tumbuhan buah tin terjangkit hama penyakit, lakuka pengambilan hama secara manual atau membuang pecahan tumbuhan yang terjangkit hama dan penyakit. Jika hama dan penyakit tersebut masih belum sanggup dikendalikan maka sanggup memakai pestisida sesuai takaran yang ditentukan.


Masa Panen Buah Tin


Buah tin sanggup dilakukan 4 bulan sehabis tanam. Buah tin yaitu buah yang tidak kenal musim.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen Mudah dan Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel