Cara Sukses dan Mudah Budidaya Belut di Air Bersih Tanpa Lumpur Bagi Pemula

Cara Budidaya Belut di Air Bersih Tanpa Lumpur Agar Sukses Bagi Pemula – Belut merupakan hewan air yang digolongkan dalam kelompok ikan. Tapi berbeda dengan jenis ikan lain, belut sanggup hidup dalam lumpur dengan sedikit air alasannya yakni belut mempunyai dua sistem pernapasan.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Synbranchiformes

Famili: Synbranchidae

Genus: Monopterus

Spesies: M. albus


Jenis belut yang paling banyak dikenal di Indonesia yakni belut sawah atau Monopterus albus dan juga belut rawa atau Synbranchus bengalensis. Perbedaan belut sawah antara belut rawa yang paling mencolok yakni belut sawah mempunyai badan yang pendek dan gemuk, sedangkan belut rawa mempunyai badan yang lebih panjang dan ramping.


Terdapat 2 segmen budidaya belut yaitu pembibitan dan pembesaran. Pembibitan mempunyai tujuan untuk menghasilkan anakan, sedangkan pembesaran mempunyai tujuan untuk menghasilkan belut ukuran siap konsumsi. Pada umumnya, belut dibudidayakan dengan memakai media lumpur dengan sedikit air alasannya yakni memang habitat orisinil belut berada dalam lumpur. Namun ternyata sanggup dibudidayakan dalam air higienis tanpa lumpur. Berikut ini yakni cara budidaya belut air higienis tanpa lumpur:


Cara Budidaya Belut di Air Jernih Tanpa Lumpur


Persiapan Bibit Belut


Bibit belut yang paling baik yaitu bibit dari budidaya. Bibit yang sehat mempunyai gerakan yang gesit dan cepat merespon jikalau dipegang dan tidak cacat. Sebaiknya pilih bibit belut dengan ukuran seragam dengan panjang minimal 10 cm (Jika lebih kecil, risiko kematiannya lebih tinggi)


Sebelum di tebar pada kolam air hendaknya belut dikarantina terlebih dahulu biar sanggup beradaptasi. Caranya: Belut di taruh dalam kolam berisi air dengan diberikan mesin sirkulasi, biar kwalitas air terjaga. lakukan hal ini selama sekitar satu ahad dengan diberi pakan berupa cacing atau ikan cere dan juga n pelet. Jika air sudah keruh segera ganti dengan air bersih.


Belut menyukai kawasan dengan kondisi pencahayaan minim, maka pada siang hari sebaiknya tutup dengan kain hitam atau yang lainnya.


Persiapan Kolam Budidaya


Kolam yang sanggup dipakai untuk budidaya belut tanpa lumpur yaitu kolam beton atau kolam terpal. Apabila memakai kolam beton sebaiknya gunakan yang semennya sudah benar-benar hilang dengan cara merendamnya beberapa hari sampai banyak lumut. Pada bab dasarnya diberi bata atau genteng untuk kawasan bersembunyi belut.


Air yang dipakai untuk pembesaran belut sebaiknya air sumur atau air dari sumber mata air. Jangan gunakana air PDAM alasannya yakni mengandung kaporit dan materi kimia lainnya.


Suhu air yang baik untuk budidaya belut yaitu 25 sampai 28 derajat celsius dengan pH air sekitar 6-7. Karena belut tidak suka kawasan yang mempunyai banyak cahaya, maka usahakan kawasan budidaya belut harus minim cahaya dengan cara tutup kolam dengan terpal atau epilog lain yang berwarna gelap.


Agar oksigen dalam air tetap melimpah, dalam kolam diberi aerator. Jika air sudah keruh, ganti air dengan air yang higienis aar belut terhindar dari penyakit.


Pemberian Pakan Belut


Belut budidaya sanggup diberi pakan berupa cacing, cacing lor, cacing merah, cacing lumbricus, ikan cere, ikan cithol, ikan guppy, anakan ikan mas, berudu, lambung katak, keong sawah, ulat hongkong dan lain sebagainya. Pelet ikan sanggup pula diberikan setiap dua hari sekali sebagai pakan selingan.


Demikian artikel tentang”Cara Budidaya Belut di Air Bersih Tanpa Lumpur Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses dan Mudah Budidaya Belut di Air Bersih Tanpa Lumpur Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel