Panduan Lengkap Cara Sukses Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula – Bawang Bakung (Allium fistulosum L.)  atau  Welsh Onion adalah salah satu jenis bawang-bawangan yang sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tumbuh sepanjang tahun baik demam isu hujan maupun demam isu kemarau asalkan mendapat asupan air yang cukup. Menanam bawang bakung ini sanggup pula silakukan di dalam pot.


Klasifikasi Bawang Bakung

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Tracheobionta

Super Devision: Spermatophyta

Division : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Sub Class : Liliales

Famili : Liliaceae

Genus : Allium L.

Species :Alliym fistulosum L.


Cara Menanam Bawang Bakung


Pengolahan Tanah


Lahan yang akan dipakai untuk menanam bawang bakung dipersiapkan terlebih dahulu. Tanah pada lahan digemburrkan terlebih dahulu dengan cara diobajak ataupun dicangkuli. Selanjutnya, tanah dibentuk bedeng-bedengan sama halnya pengolahan tanah dalam budidaya bawang merah dan budidaya bawang putih.


Persiapan Bibit Bawang Bakung


Umumnya, bibit bawang bakung yang dipakai yaitu anakannya.


Penanaman Bawang Bakung


Penanaman bawang bakung dengan cara ditugal, dibentuk lubang-lubang tanam dengan jarak sekitar 20 cm x 20 cm dan pada setiap lubang tanam ditanami 1 sampai 2 batang bibit bawang bakung, namun sebelum ditanam daun-daun bibitnya telah dipotong sampai bab batas batangnya.


Perawatan Bawang Bakung


Penyiangan dan Pembubunan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan lain yang tumbuh disekitar tumbuhan bawang bakung bersamaan dengan dilakukan penyiangan ini dilakukan pula pembubutnan. Penyiangan pertama dilakukan sehabis tumbuhan bawang bakung berumur sekitar 3 ahad Dan penyiangan kesua dilakukan sehabis tumbuhan bawang bakung berumur sekitar 6 minggu.


Pemupukan Susulan

Lakukan pula pemupukan. Pemupukan ini dilakukan dengan memakai pupuk ZA dengan takaran yang diberikan yaitu sekitar satu sendok teh untuk setiap tumbuhan dan ini diberikan sebelum dilakukan pembubunan.


Pemberantasan Hama

Jika tumbuhan terjangkit hama menyerupai gurem dan ulat daun maka lakukan pembasmian dengan cara memotong tumbuhan bawang bakung yang terjangkit hama dan membunuh ulat hama tersebut.


Pemanenanam Bawang Bakung


Bawang bakung sanggup dipanen sehabis berumur sekitar dua setengah bulan. Bawang bakung ini sanggup dipakai untuk gabungan telur dadar, sop, soto dan aneka macam kuliner lainnnya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Sukses Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel