Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga dengan Cepat

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga – Kenanga (Cananga odorata) yaitu salah satu jenis bunga yang mempunyai aroma harum, tumbuhan bunga ini juga sering disebut tumbuhan parfum. Bunga kenanga berasal dari wilayah Asia tenggara termasuk Indonesia. Tanaman Bunga kenanga mempunyai batang cukup besar dengan diameter sekitar 0,1 m-0,7 m dan ketinggiannya mencapai 5 m – 20 m. Daun bunga kenanga halus, panjang dan berkilau, bunga kenanga berwarna hijau kekuningan menggulung dengan bentuk ibarat bintang laut, mempunyai 6 lembar daun bunga dan 1 mahkota bunga berwarna kuning. Tanaman bunga sanggup tumbuh dengan subur pada tempat dengan ketinggian sekitar 20 sampai 1200 mdpl. Ada beberapa jenis bunga kenanga diantaranya Cananga Latifolia, Cananga odorata forma macrophylla, dan Cananga odorata forma.genuina


Klasifikasi Ilmiah Bunga Kenanga

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Magnoliales

Famili: Annonaceae

Genus: Cananga

Spesies: C. odorata


Dibalik keharuman bunga kenanga, bunga kenanga ini mengandung beberapa zat ibarat flavonoida, saponin, polifenol, minyak atsiri, asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol, kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Dengan adanya zat-zat tersebut, bunga kenangan ini mempunyai banyak manfaat. Manfaat bunga kenanga antara lain sebagai aromaterapi, membantu mengatasi kulit kering, mengatasi amis tubuh dan mash banyak lagi yang lainnya.


Cara Budidaya Bunga Kenanga


Persiapan Bibit Bunga Kenanga


Bibit bunga kenanga sanggup diperoleh melalui stek batang, cangkok maupun melalui biji tanaman. Apabila budidaya bunga kenanga dilakukan dengan memakai pembibitan melalui biji tanaman, berikut cara selengkapnya:


Pertama pilih buah kenanga yang sudah renta dengan ciri-ciri warna kulitnya sudah menghitam.

Jika biji sudah didapatkan, masukan biji tersebut ke dalam karung dan diamkan selama 5 hari.


Setelah kulit biji kenanga melunak, keluarkan bab bijinya dengan memencetnya secara perlahan. Selanjutnya, basuh biji yang telah dikeluarkan dengan air sampai higienis kemudian keringkan dengan cara dianginkan selama sehari semalam. Setelah itu, semai biji pada media semai berupa gabungan tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Penyemaian tersebut harus dilakukan pada tempat yang sejuk dan teduh.


Jika sudah selesai, lakukan penyiraman benih setiap hari sampai benih berkecambah yaitu sekitar satu minggu. Setelah berumur sekitar 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian sekitar 30 cm, ini menandakan bahwa bibit bunga kenanga sudah siap ditanam di tempat tanam atau lahan tanam.


Cara Menanam Bunga Kenanga


Pembuatan lubang tanam untuk bunga kenanga sebaiknya sudah dibentuk satu bulan sebelum penanaman. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Atur jarak tanam antar tumbuhan bunga kenanga sekitar 8 x 8 meter. Tujuan proteksi jarak tanam ini yaitu untuk mengantisipasi ketika pohon kenanga tumbuh besar.


Jika anda rajin memotong dan memangkas pohon kenanga, jarak tanam sanggup diadaptasi menjadi 6 meter x 6 meter. Lubang tanam yang telah simpulan dibentuk diisi terlebih dahulu dengan pupuk, kemudian barulah masukkan bibit bunga kenanga ke lubang tanam namun sebelumnya lepaskan plastik polybag yang dipakai untuk menyemaikan bibit tersebut.


Cara Merawat Bunga Kenanga


Umumnya tumbuhan kenanga tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak sehingga hanya perlu melaksanakan penyiraman seperlunya saja. Penyiraman sanggup dilakukan 2-3 hari sekali. Selain penyiraman, lakukan pula penyiangan secara terencana dan juga pemupukan biar pertumbuhan dan produktivitas tumbuhan bunga kenanga maksimal.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel