Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose) dengan Mudah SUKSES

Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose) atau Bunga Krokot, Mudah! – Bunga Portulaca atau yang lebih dikenal dengan bunga krokot atau tumbuhan krokot (Moss Rose) merupakan genus tumbuhan hias bunga dari suku Portulacaceae. Ada sekitar 40-100 spesies bunga portulaca ini yang ditemukan pada tempat tropis dan tempat dengan 4 musim. Bunga portulaca disebut juga dengan bunga sutra bombay , bunga bagus manis dan bunga pukul sembilan (9), ini disebut dengan bunga pukul sembilan katena bunga krokot ini akan mekar pada pukul sembilan pagi dan menjelang siang akan berangsur layu. Bunga portulaca ini mempunyai warna yang bermacam-macam ibarat putih, pink, kuning, perpaduan warna dan masih banyak lagi yang lainnya.


Bunga portulaca ini mempunyai 2 bentuk daun yang berbeda yaitu daun tuncing dan daun bulat. Perbedaan bunga portulaca atau bunga krokot berdaun runcing dan bunga krokot berdaun lingkaran yaitu:


Bunga portulaca berdaun Runcing, lebih tahan terhadap cuaca, mahkota bunganya kebanyakan tumpuk, tumbuh mendatar di tanah dan jenis ini sangat cocok dijadikan tumbuhan epilog tanah. Sedangkan bunga portulaca berdaun lingkaran mempunyai daya tahan terhadap cuaca yang lebih rendah dari bunga portulaca berdaun runcing apabila terlalu panas maka akan layu, terlalu lembap maka akan mengalami amis akar dan batang, kebanyakan hanya mempunyai mahkota bunga selapis dengan bermacam-macam corak dan tumbuh tidak terlalu mendatar.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Portulaca

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Caryophyllales

Famili: Portulacaceae

Genus: Portulaca


Cara Menanam Bunga Portulaca atau Krokot


Menanam bunga portulaca ini sanggup dilakukan melalui biji benih maupun melalui stek batang. Ukuran jenis benih bunga portulaca sangat kecil, jadi ketika melaksanakan penyemaian sebaiknya berhati-hati. Semaikan benih portulaca pada media tanam dengan cara ditabur tanpa ditutup kembali dengan media tanam. Lakukan penyiraman dengan memakai sprayer semoga benih tidak terbawa air. Jaga kelembaban media tanam maka dalam beberapa hari benih akan tumbuh.


Menanam bunga portulaca dengan stek batang sangat mudah, anda hanya perlu mengambil potongan batang bunga portulaka kemudian tancapkan ke media tanam. Setelah beberapa hari, bibit stek akan mempunyai berakar.


Cara Merawat Bunga Portulaca atau Krokot


Karena bunga portulaca atau bunga krokot ini termasuk tumbuhan sekulen atau tumbuhan yang mengandung air pada penggalan tubuhnya baik itu di daun, batang atau akarnya. Untuk itu, penyiraman dilakukan seperlunyan saja jangan terlalu sering alasannya ialah sanggup mengakibatkan tumbuhan membusuk.


Lakukan pula pemupukan dengan menggunkan pupuk organik ataupun pupuk kimia, anda sanggup melaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan takaran 1 sdm pupuk dilarutkan dalam 1 liter air untuk 5 pot. Siramkan pupuk tersenbut namun jangan terlalu erat dengan batang tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 1 atau 2 ahad sekali.


Selain perawatan tersebut, semoga tumbuhan portulaca atau tumbuhan krokot ini lebih rajin berbunga lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga sanggup dilakukan untuk mereplant bunga portulaca ini.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose), Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose) dengan Mudah SUKSES"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel