Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula dengan Mudah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Gardenia atau lebih dikenal dengan tumbuhan bunga kacapiring atau beling piring yaitu salah satu jenis tumbuhan hias bunga terkenal yang merupakan tumbuhan perdu tahunan dari suku kopi-kopian (Rubiaceae).


Ciri tumbuhan bunga kacapiring, yaitu tumbuhan ini merupakan tumbuhan perdu tegak dengan tinggi sekitar 1-2 m. Memiliki batang berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin  dengan warna hijau kecoklatan. Bunga kacapiring ini berwarna putih dan beraroma harum semerbak. Permukaan daun tumbuhan kacapiring licin dan mengkilap.


Klasifikasi bunga beling piring

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rubiales

Famili: Rubiaceae

Genus: Gardenia

Spesies: Gardenia augusta


Bunga gardenia atau kacapiring ini merupakan salah satu komoditas bunga potong yang biasa dipakai dalam karangan bunga dan korsase. Selain itu, tumbuhan bunga gardenia atau kacapiring mengandung senyawa menyerupai minyak atsiri, gardenin, genipin, gardenosid, geniposid, scandoside menthyl ester, tanin, mannitol, gentiobioside, klorgenin, krosetin, krosin, flavonoid, polifenol, sitosterol dan saponin. Dengan banyaknya kandungan senyawa yang ada dalam tumbuhan bunga kacapiring ini, tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat diantaranya menyerupai melancarkan sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, melancarkan menstruasi, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri sakut gigi, anti inflmasi, anti biotik, obat sariawan, obat sakit gigi, materi pewarna alami dan lain sebagainya.


Jika anda ingin menanam bunga kacapiring ini, berikut cara menanam dan merawat bunga beling piring dirumah:


Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring


Tanaman bunga kacapiring terkenal sebagai tumbuhan bunga yang sensitif jadi lokasi dan perawatan perlu diperhatikan semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik. Pilih lokasi tumbuhan yang mempunyai kelembapan yang tinggi dan juga sinar matahari yang cukup. Namun, tumbuhan ini toleran pula pada kawasan yang teduh. Tanaman bunga kacapiing ini sanggup ditanama diarea terbuka maupun ditanam dalam pot.


Cara Menanam Bunga Kacapiring (Gardenia)


Pertama, siapkan terlebih dahulu bibit tumbuhan bunga kacapiring. Bibit bunga kacapiring sanggup diperoleh dengan cara stek tangkai atau sanggup membeli bibit di toko tanaman.


Karena tumbuhan kacapiring menyukai tanah yang lembab, siram tanah yang akan dijadikan lokasi atau media tanam bunga kacapiring. Selain itu hal ini dilakukan semoga memapermudah penanaman.


Campurkan pupuk kompos dan lumut gambut pada tanah guna memperbaiki drainase dan pemenuhan kebutuhan nutrisi tumbuhan bunga gardenia. Derajat keasaman atau pH tanah yang idela untuk menanam bunga kacapiring ini yaitu 5-6.


Selanjutnya, buatlah lubang tanam diubahsuaikan dengan gumpalan akar tanaman. Jika sudah jadi, kemudian masukkan bibit bunga kacapiring yang telah disiapkan ke dalam lubang tanam dengan hati-hatri semoga tidak merusak akarnya. Tutup kembali dengan media tanam disekitar bibit kemudian siram.


Cara Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)


Lakukan penyiraman secara teratur, jikalau kondisi media tanam kering maka lakukan penyiraman. Penyiraman tersebut dilakukan pada area akar. Agar tumbuh dengan subur, maka lakukan pemupukan setidaknya dua kali dalam setahun. Pupuk yang sanggup dipakai sanggup memakai pupuk kompos maupun pupuk kandang. Jika ada bunga yang layu atau rantung yang mati maka lakukan pemangkasan. Selain hal tersebut, jikalau tumbuhan terjangkit hama dan penyakit maka lakukan penanganan dengan memakai insektisida.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel