Cara Mudah Menanam Kedondong Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbuah dengan Benar

Cara Menanam Kedondong Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbuah – Kedondong yaitu salah satu tumbuhan buah yang tergolong dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Nama lain buah kedondong yaitu ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand). Buah kedondong mempunyai biji tunggal berserabut.


Klasifikasi ilmiah Kedondong

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Anacardiaceae

Genus: Spondias

Spesies: S. dulcis


Buah kedondong sanggup dimakan pribadi dalam kondisi segar atau sering diolah menjadi rujak, asinan, acar maupun selai. Daun kedondong juga sanggup dimanfaatkan sebagai penyedap dalam pembuatan pepes ikan. Selain itu manfaat kedondong yang lain yaitu daun kedondong muda sanggup pula dijadikan lalapan sesudah dikukus, buah dan daun kedondong sanggup pula dijadikan sebagai pakan ternak, kayu kedondong sanggup dijadikan materi pembuatan perahu. Buah, daun dan kulit batang kedondong juga dikenal dappat dijadikan obat borok, kulit perih dan juga luka bakar.


Cara Menanam Kedondong Dalam Pot/Polybag (Tabulampot Kedondong)


Syarat Tumbuh Kedondong


Menanam kedondong sangatlah mudah, alasannya yaitu kedondong bsa tumbuh di segala kawasan dengan tanah mulai lempung sampai berpasir asalkan mempunyai unsur hara yang mencukupi, mempunyai curah hujan sedang, sinar matahario 80%, dan mempunyai suhu udara sekitar 20°C-32°C.


Persiapan Tempat dan Media Tanam


Tempat tanam yang dipakai untuk menanam kedondong sanggup berupa polybag atau pot tanam berukuran besar dengan diameter sekitar 50 cm dan tinggi sekitar 50 cm.


Bahan media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah dan bokashi dengan perbandingan sekitar 1 : 1. Selanjutnya campurkan kedua materi media tanam tersebut dicampur dengan Furadan 3g yaitu insektisida untuk mencegah hama tanah kemudian campurkan semuanya sampai tercampur merata.


Persiapan Bibit Kedondong


Menanam kedondong sanggup melalui biji (generatif) maupun melalui stek, cangkok, dan sambung pucuk (vegetatif). Namun disarankan memakai bibit dondong melalui stek, cangkok atau sambung pucuk alasannya yaitu lebih cepat berbuah dan lebih identik dengan tumbuhan induk. Pilihlah bibit yanh sehat atau terbebas dari hama penyakit.


Penanaman Kedondong Dalam Pot/Polybag


Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam kedalam pot/polybag tanam setinggi 25 cm kemudian siram sampai berair merata, sesudah itu masukkan bibit kedondong dan atur akarnya sampai menyebar rata. Kemudian, masukkan kembali media tanam kemudian lakukan penyiraman secara merata. Jika sudah, pasang tajuk dan ikat dengan memakai tali supaya tumbuhan tidak bergerak.


Pemeliharaan Tanaman Kedondong Dalam Pot


Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari pada tumbuhan kedondong yang gres ditaman. Jika tumbuhan kedondong sudah tumbuh dengan baik, penyiraman sanggup dilakukan 2 hari sekali dan kalau sudah mulai besar sanggup dilakukan penyiraman setiap 4-6 hari sekali dengan melihat kondisi tanah.


Penyulaman

Jika ada tumbuhan yang mati atau pertumbuhannya kurang baik maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit yang gres supaya tumbuhan tumbuh serempak.


Penyiangan

Lakukan penyianagna pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan kedondong dalam pot. Penyiangan ini sanggup dilakukan setiap 2 ahad sekali.


Pemupukan

Lakukan pemupukan pertama pada tumbuhan kedondong dikala tumbuhan kedondong berumur 2 ahad dengan memakai pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi menyerupai urea dan NPK atau pupuk cair dengan takaran sekitar 20 gram atau 1 sendok makan. Pupuk tersebut disebar disekitar batang pohon kedondong kemudian lakukan penyiraman sampai pupuk larut.


Pemupukan berikutnya dilakukan dikala tumbuhan kedondong berumur 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 8 bulan dan seterusnya. Pemupukan tersebut ditambah dengan pupuk bokashi setiap kali pemupukan dilakukan dengan takaran diadaptasi dengan umuer tumbuhan kedondong dan jangan lupa setiap sesudah pemupukan lakukan penyiraman sampai pupuk larut dan meresap dalam tanah.


Pemanenan Kedondong


Kedondong sanggup dipanen sesudah berumur sekitar 1-1,5 tahun sesudah tanam. Ciri buah kedondong yang siap panen yaitu warna kulit buahnya sudah hijau bau tanah dan sudah beraroma harum.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Kedondong Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Kedondong Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbuah dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel