Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Akar Wangi Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Akar Wangi Yang Baik dan Benar Bagi Pemula – Akar busuk atau narwastu (Chrysopogon zizanioides syn. Vetiveria zizanioides, Andropogon zizanioides) merupakan salah satu jenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan akar busuk ini sanggup tumbuh sepanjang tahun dan telah dikenal sebagai sumber wewangian. Tumbuhan akar busuk masuk dalam famili Poaceae damn masih keluarga dengan serai dan juga padi. Nama lain akar busuk ini adalah serai wangi, rumput akar busuk atau rumput vetiver.


Akar busuk ini berumpun lebat, akar tinggalnya bercabang banyak dan berwarna kuning pucat maupun abu-abu hingga merah tua. Rumpun akar busuk terdiri atas beberapa anakan rumpun. Tangkai daun akar busuk sanggup tumbuh sepanjang 1,5-2 meter. Daun akar busuk sedikit kaku dan berwarna hijau hingga kelabu dengan panjang sekitar 75-100 cm dan tidak mengandung minyak.


Klasifikasi ilmiah Akar Wangi

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Poales

Famili: Poaceae

Genus: Chrysopogon

Spesies: Chrysopogon zizanioides


Karena kandungan akar busuk adalah minyak atsiri yang dihasilkan di kepingan akar menciptakan akar tumbuhan ini busuk dan secara tradisional akar busuk ini dikeringkan dan dimanfaatkan sebagai pengharum dalam lemari pakaian atau barang penting ibarat keris atau batik.


Cara Budidaya Akar Wangi


Syarat Tumbuh Akar Wangi


Akar busuk sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan dengan ketinggian sekitar 600-1500 mdpl dengan curah hujan sekitar 140hari per tahun dan suhu sekitar 17°C – 27°C. Tanah yang baik untuk menanam akar busuk ini adalah tanah berpasir, tanah bubuk vulkanik dengan pH sekitar 6-7, selain jenis tanah tersebut akar busuk ini sanggup di tanam di tanah liat yang mengandiung banyak air namun kandungan minyak akar busuk ini tidak maksimal atau kurang bagus.


Persiapan Lahan Tanam dan Penanaman Akar Wangi


Lahan yang akan dipakai untuk menanam akar busuk dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm dengan jarak tanam diubahsuaikan dengan kesuburan dan kondisi kemiringan tanah. Dua ahad sebelum tanam, setiap lubang tanam diisi dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan takaran 2 kg per lubang tanam dengan kedalaman tidak lebih dari 4 cm.


Pemeliharaan Tanaman Akar Wangi


Penyulaman

Jika ada tumbuhan akar busuk yang mati atau tumbuh kurang tepat maka lakukan penyulaman segera dengan menggantuinty dengan tumbuhan yang gres biar tumbuhan tumbuh serempak. Penyuulaman ini maksimal dilakukan 2 ahad sehabis tanam.


Penyiraman

Pada awal penanaman, lakukan penyiraman secara rutin setiap hari selama dua ahad hingga tumbuhan akar busuk mempunyai akar dan melekat pada tanah.


Pemupukan dan Pemangkasan

Pemupukan dan pemangkasan tumbuhan akar busuk ini dilakukan apabila akar busuk ditumpangsarikan dengan sayuran.


Panen dan Pasca Panen


Waktu penen akar busuk bergantung pada musim. Apabila area yang akan ditanami kembali sama maka penamenan harus dilakukan ada demam isu hujan biar tumbuh baik.


Pemanenan akar busuk dilakukan dengan memotong bonggol akar busuk dengan memakai alat pemotong ibarat golok. Setelah itu, basuh akar busuk pada air mengalir biar semua kotoran yang melekat hilang. Selanjutnya, jemur akar wngi hingga benar-benar kering selama sekitar 2 hari dengan waktu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang dan dibolak-balik sebanyak 2-3 kali.


Apabila akar tidak disuling, maka simpan akar busuk dalam karung plastik dan tutup rapat kemudian simpan dalam gudang penyimpanan yang tidak tembus cahaya, tidak lembab dan bersuhu sekitar 20-30°C. Agar mengurangi sifat kamba akar, mempermudah keluarnya minyak akar busuk melalui tahap hidrodifusi maka lakukan perajangan pada akar busuk tersebut dengan memakai golok atau alat pemotong lainnya sepanjang 10-15 cm kemudian masukkan dalam ketel suling.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Akar Wangi Yang Baik dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Akar Wangi Yang Baik dan Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel