Cara Mudah dan Sukses Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula – Suplir atau paku suplir (Adiantum capillus venesis) merupakan salah satu jenis tumbuhan hias daun yang mempunyai keindahan bentuk dan juga warna daun hijau yang sanggup menyejukan mata. Tanaman hias ini biasanya juga tumbuh pada dinding yang berlumut. Pada habitat aslinya tumbuhan hias suplir ini tumbuh didaerah yang cukup dan jarang terkena sinar matahari secara langsung.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Suplir

Kingdom: Plantae

Divisi: Pteridophyta

Kelas: Pteridopsida

Ordo: Pteridales

Famili: Pteridaceae (Adiantaceae)

Genus: Adiantum


Keindahan bunga suplir ini terletak pada daun dan batangnya yang berbulu halus. Daun suplir tidak berbentuk memanjang, mempunyai tangkai etal yang khas ialah berwarna hitam dan juga mengkilap, terkadang bersisik halus dikala dewasa. Tanaman suplir atau paku suplir ini kebanyakan dijadikan sebagai tumbuhan hias dalam pot. Berikut cara menanam dan merawat tumbuhan hias suplir:


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir


Media Tanam Tanaman Bunga Suplir


Media tanam yang baik untuk menanam tumbuhan hias suplir ini ialah media tanam yang mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 6. Meid tanam yang perlu disiapkan ialah media tanam berupa adonan humus dan tanah dengan perbandingan 3:1.


Pencahayaan Tanaman Bunga Suplir


Tanaman hias ini membutuhkan keadaan yang cukup lembab, jadi letakkan tumbuhan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara pribadi walaupun begitu tumbuhan hias ini harus tetap mendapatkan sinar matahari biar daunnya tetap hijau.


Pengembangbiakan Tanaman Bunga Suplir


Pengembangbiakan bunga suplir ini dilakukukan dengan membongkar rumpun tanman tersebut yang sudah tumbuh rimbun. Tujuannya biar tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik.


Penyiraman Tanaman Bunga Suplir


Lakukan penyiraman seperlunya saja alasannya media tanamnya ialah tanah humus sudaj bersifat cuek dan lembab. Jika terlalu banyak mendapatkan asupan air maka akan mengakibatkan akar tanamn suplir ini anyir dan tumbuhan akan mati.


Pemangkasan Tanaman Bunga Suplir


Jika ada daun-daun suplir yang kering dan mati, lakukan pemotongan atau pemangkasan dengan memakai gunting atau dengan tangan secara langsung. Lakukan peotongan atau pemangkasan tersebut secara hati-hati biar tumbuhan tidak rusak. Jika ada daun yang mulai terlihat kekuningan dan kehilangan zat hijau daunnya maka sebaiknya dibuang terlebih dahulu biar penyakit daun tersebut tidak menyebar ke daun-daun yang masih baik dan sehat lainnya.


Pembasamian Hama dan Pemupukan Tanaman Bunga Suplir


Agar tumbuhan tetap sehat dan indah serta tidak terjangkit hama dan penyakit maka lakukan penyemprotan dengan memakai anti ham fan juga lakukan sedikit pemupukan sebanyak satu kali dalam sebulan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah dan Sukses Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Suplir Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel