Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula agar Sukses dan tumbuh Subur

Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Kastuba atau Poinsettia (Euphorbia pulcherrima) merupakan tumbuhan bunga subtropis  yang berasal dari Meksiko cuilan Selatan dan Amerika Tengah.Tanaman bunga katsuba ini merupakan tumbuhan perdu, batang berkayu dan bergetah putih yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm hingga 6 meter. Daun katsuba berbentuk oval dengan panjang sekitar 7-16 cm. Warna daun bunga katsuba berwarna merah dikala masih muda dan akan berwarna hijau jikalau semakin tua. Bunga katsuba mempunyai akar tunggang dengan warna kuning.


Bunga katsuba atau cyathia terletak bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, namun di bawahnya terdapat daun cuilan atas (braktea) yang berwarna merah tua, merah jambu dan putih. Daun tumbuhan cuilan atas yang mempunyai warna menarik pada tumbuhan katsuba tersebut sering disangka sebagai bunga.



Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malpighiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Euphorbia

Spesies: E. pulcherrima



Karena warna yang cerah, bunga katsuba ini sering dijadikan hiasan dikala hari natal sehingga tumbuhan bunga katsuba ini disebut dengan Christmas Flower. Selain itu, bunga katsuba juga sanggup dijadikan tumbuhan hias teras rumah dan juga dekorasi sebuah event. Harga bunga katsuba dalam pot ialah sekitar 50 ribu hingga 70 ribu rupiah.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba


Persiapan Bibit Bunga Katsuba


Bunga katsuba akan tumbuh dengan baik apabila ditanam pada daerah yang terkena sinar matahari secara langsung, namun tumbuhan bunga katsuba ini tetap membutuhkan sinar matahari terutama pada pagi hari. Suhu ruang tanam bunga katsuba mempunyai rata-rata harian sekitar 21°C. Apabila lebih maka tumbuhan katsuba akan cenderung mempunyai masa hidup pendek.


Tanaman katsuba sanggup diperbanyak dengan cara stek batang. Bibit stek tumbuhan katsuba dipilih dari tumbuhan induk yang sehat, mempunyai pertumbuhan yang baik, bebas dari hama penyakit dan bersifat unggul.


Cara Menanam Bunga Kastuba


Pertama, siapkan media tanam berupa adonan tanah, sekam bakar dan pupuk sangkar dengan perbandingan sekitar 1:3:1. Setelah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang mempunyai diameter sekitar 15 cm. Setelah itu, tanam bibit ke dalam pot atau polybag yang telah diisi dengan media tanam. Jika penanaman sudah selesai, siram dengan cara di gembor kemudian letakkan di daerah yang teduh.


Cara Merawat Bunga Katsuba


Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari dengan konsentrasi 100 cc/pot, tapi diubahsuaikan dengan kelembaban udara yang ada di sekitarnya, cuaca tidak terlalu panas , maka konsentrasi penyiraman tumbuhan sanggup dikurangi.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk yang kaya akan kandungan unsur hara N biar tumbuhan tumbuh dengan baik, berdaun lebar dan juga hijau. Setelah mulai berbunga, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk yang mengandung unsur fosfor tinggi. Lakukan pula pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20 setiap 2 ahad sekali. Jika diharapkan anda sanggup melaksanakan pergantian media tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Katsuba Di Rumah Bagi Pemula agar Sukses dan tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel