Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Bagi Pemula – Bunga adam hawa, nanas kerang, daun sesongkokan, atau bangka bangkaan yaitu tumbuhan hias daun, daun tumbuhan adam hawa berbentuk lancip mulus dengan dua warna yaitu berwarna hija pada cuilan atasnya dan merah maroon sampai ungu pada bagaian bawahya. Karena hal tersebutlah maka bunga ini diberi nama adam hawa. Bunga ini tumbuh dalam satu rumpun dengan jumlah daun perumpun mencapai 10-15 helai pada usia dewasa. Bunga ini sangat gampang dikembangbiakkan dan sangat adaptif terhadap semua jenis lahan tanam baik di pot, polybag, maupun pekarangan rumah. Bunga adam hawa juga sanggup tumbuh dengan baik dalam ruangan yang hanya sedikit terkena sinar matahari langsung.


Klasifikasi Adam Hawa

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Sub Kelas: Commelinidae

Ordo: Commelinales

Famili: Commelinaceae

Genus: Rhoeo

Spesies: Rhoeo discolor


Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa


Pembibitan Bunga Adam Hawa


Pembibitan bunga adam hawa dapa dilakukan melalui stek umbi rimpang, bibit yang diambil yaitu bibit yang minimal telah masuk usia tanam satu tahun. Pilih bibit dari rimpang yang sehat dengan jumlah daun yang banyak dan panjang. Cara stek umbi rimpang bunga adam hawa yaitu dengan cara gali dan potong cuilan akarnya kemudian rendam dalam air beberapa dikala sebelum di tanam dalam lubang tanam.


Persiapan dan Penanaman Bunga Adam Hawa


Pertama, buat media tanam dari adonan tanah gembur dan kompos/pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Kemudian, sediakan pot/polybag tanam, sebaiknya sesuaikan dengan letak penempatannya. Umumnya pot/polybag tanam yang dipakai yaitu pot/polybag tanam berdiameter 5-30 cm dengan jumlah tumbuhan antara 1-6 tanaman. Pastikan pot atau polybag mempunyai sistem drainase yang baik sehingga tumbuhan tidak membusuk alasannya yaitu genangan air.


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman, tanam bibit bunga adam hawa tersebut di lubang pada media tanam kemudian tutup kembali dengan media tanam disekitarnya dan padatkan kemudian basahi tanah supaya sedikit lembab.


Perawatan Bunga Adam Hawa


Lakukan penyiraman sampai 1 ahad sesudah tanam. Lakukan pula pemupukan jikalau tumbuhan sudah muncul tunas gres dengan urea atau pupuk organik sebanyak 200 gr. Lakukan pengulangan pemupukan selama sebulan sekali sampai tumbuhan bunga berumur 3 bulan, selanjutnya berikan jikalau perlu saja. Jangan lupa lakukan penyiraman jikalau kondisi tanah kering dan cuaca panas. Letakkan sesekali tumbuhan ke kawasan yang terkena sinar matahari supaya tumbuhan tumbuh subur.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Adam Hawa Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel