Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula – Murbei atau mulberry merupakan tumbuhan semak yang sanggup tumbuh sampai ketinggian mencapai sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika.


Tanaman murbei berasal dari jenis keluarga Moraceae berjenis Morus. Beberapa jenis Mulberry yaitu Morus alba di tempat Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan dan Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan.


Buah murbei muncul bergerombol dengan ukuran sekitar 2-3cm. Buag murbei ini mempunyai rasa yang segar yaitu adonan bagus dan asam ketika sudah matang. Buah murbei berwarna hijau muda sampai merah ketika masih muda dan akan berwarna ungu bau tanah sampai hitam ketika matang dan rasanya manis.


Murbei banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya yang akan diolah menjadi selai, minuman dan materi menciptakan kue. Sedangkan daunnya dipakai sebagai pakan ulat sutra dan kayunya ada yang dmanfaatkan sebagai mebel. Buah murbei mempunyai kandungan anthocyanin yang banyak bermanfaat bagi kesehatan sebagai antioxidant.


Klasifikasi ilmiah Murbei/Mulberry

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Rosales

Famili: Moraceae

Bangsa: Moreae

Genus: Morus


Jika anda ingin menanam atau budidaya murbei sangatlah gampang karenatanaman ini sanggup tumbuh dengan cepat serta tida membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. Anda sanggup menanam atau budidaya murbei dalam pot (tabulampot) ataupun di lahan yang luas. Berikut yakni cara selengkapnya:


Cara Budidaya Murbei


Persiapan Bibit Murbei


Bibit murbei sanggup diperoleh dengan cara stek batang. Bibit stek tersebut diambil dari tumbuhan induk yang sehat dan tumbuh subur. Tapi kalau tidak ingin repot, anda sanggup membeli bibit murbei di toko tanaman.


Persiapan Media Tanam Murbei


Setelah bibit siap, selanjutnya siakan media tanam. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa adonan tanah, pupuk kandang, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 0,5 : 0,5.


Penanaman Murbei


Jika bibit dan media tanam sudah siap, maka lakukan penanaman. Keluarkan bibit dari polybag tanam kemudian masukkan ke pot tanam dan timbun kembali dengan media tanam.


Setelah itu, lakukan pembuatan ajir sebagai empat merambat tumbuhan murbei dan sekaligus pembentuk tumbuhan murbei yang rimbun. Ajir tersebut sanggup dibentuk dari bambu yang dirangkai mengelilingi pot dengan ketinggian sekitar 60 cm.


Cara Merawat Murbei


Perawatan tumbuhan murbei tergolong sangat mudah, perawatan yang dibutuhkan diantaranya menyerupai pemupukan dan penyiraman. Lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali memakai pupuk NPK dan pupuk guano dengan takaran masing-masing sekitar 2 sendok makan. Lakukan pula penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore atau diadaptasi dengan kondisi media tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Murbei Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel