Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula – Kaktus merupakan anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tanaman bunga kaktus ini dikenal sebagai tumbuhan gurun, kalau masuk akal apabila kaktus mempunyai daya tahan yang luar biasa terhadap lingkungan yang ekstrim. Awalnya kaktus hanya berkembang di kawasan gurun namun sekarang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Terdapat aneka macam jenis kaktus mulai dari kaktus yang tinggi hingga kaktus yang berukuran kecil, ada jenis kaktus berduri tanpa bunga dan ada pula kaktus tanpa duri dan berbunga.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Core Eudikotil

Ordo: Caryophyllales

Famili: Cactaceae


Cara Menanam dan Merawat Kaktus


Pembibitan Kaktus


Bibit kaktus sanggup diperoleh dengan membeli di toko tumbuhan atau sanggup dengan menciptakan sendiri sendiri dengan menentukan bibit dari batang induk. Pastikan pilih bibit yang unggul, tidak cacat fisik. Pilih bibit kaktus yang durinya masih sempurna, batangnya tak mengalami memar dan mempunyai arah tumbuh tegak lurus. Pilihlah bibit dengan umur sudah melebihi tiga bulan. Jika bibit diambil dari batang indukan, pastikan batang bibit juga telah mencukupi umur. Cara menanam kaktus dengan memakai batang dari induk sama dengan proses menanam memakai bibit dari toko tanaman.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang sanggup dipakai untuk menanam kaktus adalah tanah pasir, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Cara menanam kaktus dengan memakai kompos atau pupuk organik lebih diyakini berhasil dibanding memakai pupuk kimia.


Selanjutnya, siapkanlah pot dengan ukuran disesuai. Apabila kaktus bentuknya membulat, maka sanggup memakai pot dengan ukuran 5 cm hingga 10 cm. Apabila kaktus bentuknya tinggi, sanggup memakai pot yang tingginya setengah dari tinggi kaktus. Pastikan pot mempunyai sistem drainase cukup baik, supaya kaktus Anda tidak membusuk.


Perawatan Kaktus


Kaktus termasuk tumbuhan yang tidak begitu menyukai air, namun kaktus tetap perlu disiram. Lakukan penyiraman kaktus setiap seminggu sekali. Lakukan pula penggantian pot dan juga media tanam paling tidak setiap setahun sekali. Perlu diingat, ada jenis kaktus yang menyukai sinar matahari, namun ada juga yang menyukai tempat yang gelap. Sesuaikan letak kaktus sesuai jenisnya, jangan hingga terbalik. Jangan eksklusif letakkan kaktus di tempat yang eksklusif terkena sinar matahari. Setelah ahad ketiga masa tanam, gres pindahkan ke tempat yang banyak sinar matahari. Jika jenis kaktus yang ditanam menyukai tempat yang tidak terlalu banyak sinar matahari, sesekali perlu dipindahkan ke tempat yang terang.


Jika tumbuhan kaktus sudah terlalu panjang atau tinggi maka perlu dilakukan pemangkasan. Untuk melindungi tumbuhan ini dari hama yang menyerang, sanggup dilakukan penyemprotan pestisida atau bakterisida secara berkala.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Kaktus Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel