Panduan Lengkap Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Praktis Bagi Pemula – Sirsak (Annona muricata) yaitu tumbuhan buah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sirsak atau yang dikenal dengan durian belanda atau nangka belanda ini mempunyai buah yang bukan buah sejati alasannya yaitu yang dimaksud dengan buah pada sirsak yaitu buah agregat atau kumpulan buah-buah yang mempunyai biji tunggal berhimpit dan kehilangan batas antar masing-masing buah. Buahnya sanggup mencapai ukuran 20 sampai 30 cm dengan berat sanggup mencapai 2,5 kilogram. Daging buah pada sirsak berwarna putih dengan jumlah biji yang cukup banyak berwarna hitam.



Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Magnoliids

Ordo: Magnoliales

Famili: Annonaceae

Genus: Annona

Spesies: A. muricata



Tidak hanya sanggup dibudidayakan atau ditanam di lahan yang luas, sirsak juga dapat ditanam di dalam pot atau sering disebut dengan tabulampot sirsak. Nah berikut cara tabulampot sirsak:


Cara Menanam Sirsak Dalam Pot


Syarat Tumbuh Sirsak


Sirsak sanggup tumbuh pada tempat beriklim tropis dengan ketinggian sekitar 1-800 mdpl. Sirsak juga akan tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 22-28° C dan kelembapan udara 60-80% serta mempunyai curah hujan sekitar 1.500-2.500 mm per tahun.


Persiapan Bibit Sirsak


Sirsak sanggup diperbanyak melalui biji, okulasi dan pencangkokan. Apabila sirsak ditanam berasal dari biji, maka tinggi pohon sirsak sanggup mencapai ketinggian sekitar 10 meter dan mulai berbuah dikala tumbuhan berumur sekitar 4-5 tahun. Sementara, bibit yang berasal dari okulasi dan cangkok, tinggi pohon hanya akan mencapai ketinggian sekitar 3-5 meter dan tumbuhan sudah mencar ilmu berbuah dikala berumur sekitar 2—3 tahun. Jika anda tidak ingin

repot, anda sanggup membeli bibit di toko tanaman.


Jika bibit sirsak sudah siap, selanjutnya siapkan pot plastik berdiameter 45 cm dan juga media tanam berupa gabungan pupuk kandang, tanah, sekam bakar dan sekam mentah dengan perbandingan 1 : 2 : 1 : 1.


Masukkan kepingan genting atau kerikil bata ke bab dasar pot, kemudian masukkan media sampai ketinggian setengah pot. Kemudian sobek polibag pada bibit, kemudian masukkan bibit tumbuhan ke dalam pot secara hati-hati semoga tidak merusak media dan akarnya. Setelah itu, masukkan lagi media tanam sampai ketinggian 2 cm di bawah bibir pot, kemudian padatkan dan siram media tanam dengan air sampai basah.


Jika sudah selesai, letakkan tumbuhan di tempat teduh selama seminggu untuk pembiasaan cuaca. Setelah itu, barulah tumbuhan sanggup dipindahkan ke tempat terbuka secara bertahap.


Perawatan Tanaman Sirsak


Lakukan penyiraman secara teratur yaitu sebanyak 1-2 kali sehari. Selain penyiraman, lakukan pula pemupukan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan memakai pupuk NPK, pupuk organik dan pupuk hayati setiap 2 ahad sekali secara bergantian, contohnya pupuk NPK sebanyak 50—80 gram untuk tumbuhan muda diberikan 3 bulan sekali. Sementara, pupuk sangkar sebanyak 5 kg diberikan setiap 6 bulan sekali.


Selain kedua perawatan tersebut, lakukan pula pemangkasan untuk mempercepat pertumbuhan bunga.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Praktis Bagi Pemula“semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Sirsak Dalam Pot (Tabulampot Sirsak) Dengan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel