Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula

Cara Praktis Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula – Daun miana atau tumbuhan iler (Coleus benth) merupakan tumbuhan hias yang masuk dalam famili Lamiaceae. Tanaman ini mempunyai batang yang lembap dengan ketinggian mencapai sekitar 1 meter. Daun miana berbentuk segitiga atau bundar telur dengan warna yang bermacam-macam mulai dari warna hijau sampai merah keungu-unguan dengan tepi bergerigi. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna merah, ungu atau kuning.


Klasifikasi Bunga Miana

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Asteridae

Ordo: Lamiales

Famili: Lamiaceae

Genus: Coleus

Spesies: Coleus atropurpureus (L) Benth


Tanaman bunga miana ini dapay ditanam dalam pot atau ditanam eksklusif ke tanah (pekarangan). Tanaman bunga ini sangat gampang ditanam dan dirawat sehingga banyak orang menanam bunga ini untuk dijadikan sebagai tanam hias.


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana


Persiapan Bibit Bunga Miana


Bunga miana ini sangat gampang untuk dilakukan pembibitan adalah hanya dengan pemisahan rumpun akarnya saja. Pisahkan bibit dari tumbuhan induk tanpa merusak sistem perakaran dan batangnya. Setelah bibit dipisahkan tumbuhan induk, selanjutnya bibit sanggup ditanam di media tanam atau di letakkan pada kawasan lembap dan lembab kalau belum sempat ditanam.


Cara Menanam Bunga Miana


Jika bibit sudah siap maka lakukan penanaman. Siapkan terlebih dahulu media tanam untuk menanam tumbuhan daun miana, media tanam tersebut sanggup dibentuk dari adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Jika semuanya sudah, segera tanam bibit pada media tanam, kemudian lakukan penyiraman perawatan rawat dengan baik. Sesuaikan kawasan tanam tumbuhan ini dengan jumlah bibit yang akan ditanam.


Cara Merawat Bunga Miana


Penyiraman bunga miana sanggup dilakukan seperlunya saja, tidak perlu terlalu banyak. Lakukan pula pinjaman pupuk dengan memakai pupuk organik maupun pupuk buatan, namun lebih baik pupuk yang diberikan adalah jenis pupuk daun dengan pinjaman pupuk melalui penyiraman atau semprot. Berikan pupuk tersebut sesudah tumbuhan tumbuh dengan baik, pemupukan tersebut dilakukan dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Miana Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel