Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat – Anggur yaitu buah yang berasal dari tumbuhan perdu merambat yang masuk kedalam famili vitaceae yang sanggup tumbuh di tempat dataran rendah. Tumbuhan buah ini berasal dari Armenia dan dibudidayakan di timur tengah semenjak 4000 SM. Buah ini mempunyai banyak variant warna menyerupai merah, ungu, kuning, hijau, dll. Buah ini banyak mengandung senyawa yang berperan aktif proses metabolisme badan dan bisa mencegah sel kanker dan penyakit lain terbentuk. Di buah ini juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang dberperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain dimakan pribadi biasanya anggur sanggup diolah menjadi jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Vitales

Famili: Vitaceae

Genus: Vitis L.


Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara menanam anggur hijau. Anggur hijau merupakan jenis buah anggur yang sanggup berbuah sepanjang tahun dan mempunyai kandungan gizi sangat tinggi. Dalam buah Anggur tersimpan banyak sekali kandungan gizi menyerupai vitamin A, B6, K dan vitamin C, selain itu juga ada karbohidart, lemak jenuh, potassium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium serta bebas dari kolesterol, yang tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.


Cara Budidaya Anggur Hijau


Persiapan Bibit Anggur Hijau


Bibit anggur hijau sanggup diperoleh melalui perbanyakn secara vegetatif atau melalui stek maupun secara generatif atau melalui biji. Namun, umumnya yang banyak dipakai yaitu pembibitan melalui stek sebab dirasa lebih gampang dan lebih cepat menghasilkan buah. Tapi jikalau anda tidak ingin repot, anda sanggup membeli bibit di toko bibit, pastikan bibit berkualitas baik, sehat tidak terjangkit hama dan penyakit, berdaun segar tidak layu atau kering, serta mempunyai minimal 2 tunas.


Persiapan Lahan Tanam Anggur Hijau


Tanaman anggur hijau sanggup tumbuh optimal pada dataran rendah dengan ketinggian sekitar 300-800 meter diatas permukaan bahari serta mempunyai curah hujan 800 mm/tahun.


Lahan tanam yaang akan dipakai untuk budidaya anggur hijau, diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu laiinnya, sesudah itu gemburkan tanah pada lahan dengan cara dibajak. Jika derajat keasaman atau pH tanah kurang dari 5 maka lakukan pertolongan kapur dolomit.


Setelah digemburkan, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 150 cm, tinggi 50 cm, dan panjang menyesuaikan lahan. Beri jarak antar bedengan sekitar 100 cm untuk terusan jalan dan pemikiran drainase.


Jika bedengan sudah jawaban dibuat, buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam sekitar 3 x 3 m / 5 x 4 m.


Sesudah lubang tanam dibuat, istirahatkan selama 2 ahad dan biarkan tersinari matahari secara penuh. Tujuannya supaya bibit hama dan penyakit pada media tanam mati.


Cara Menanam Anggur Hijau


Setelah semuanya sipa, maka lakukan penanaman. Masukkan bibit anggur hijau perlahan jangan hingga perakaran dan batangnya rusak, posisikan bibit tegak. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan media adonan tanah, kompos/pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan sekam. Tutup merata hingga pangkal batang tanam anggur tersebut dan padatkan sedikit supaya bibit tidak gampang roboh.


Pemupukan Susulan Tanaman Anggur Hijau


Agar tumbuhan tumbuh baik, maka asupan nutrisi harus tetap terjaga. Tanaman gres akan gampang mengikuti keadaan jikalau nutrisi terus diberikan secara berkala. Selain itu, tumbuhan akan tumbuh dengan cepat dan sehat. Pemupukan ini sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik maupun pupuk buatan. Pemupukan ini dilakukan secara rutin dalam interval 1 bulan sekali.


Merangsang Pembuahan Anggur Hijau


Untuk merangsang pertumbuhan buah lebih cepat, maka perlu dilakukan pertolongan hormon perangsang buah. Tak hanya cepat buah, anggur hijau yang dihasilkan bisa berkualitas baik dan merangsang pembuahan lebih lebat lagi. Hormon perangsang sanggup disemprotkan ke tumbuhan 1 bulan sekali.


Perawatan Lain


Lakukan penyulaman pada tumbuhan anggur yang tidak tumbuh atau mati, lakukan pula penjarangan jikalau beberapa tumbuhan tumbuh terlalu rapat, sedangkan penyiraman cukup dilakukan 1 kali sekali pada trend kemarau dan untuk trend hujan tidak perlu dilakukan penyiraman sebab tumbuhan anggur tidak menyukai keadaan tanah yang terlalu becek, jangan lupa juga lakukan penyiangan gulma disekitar tanaman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel