Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Anggur Brazil/Anggur Batang/Anggur Pohon atau yang sering disebut dengan Jaboticaba atau Jabuticaba merupakan tumbuhan pohon buah dari famili Myrtaceae yang berasal dari Amrika Selatan, menyerupai Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia.


Meskipun nama buah ini anggur tapi tumbuhan ini berbeda dengan tumbuhan anggur pada umumnya lantaran tumbuhan anggur tidak membutuhkan para-para sebagai tempat merambatnya alasannya ialah anggur ini mempunyai batang pohon yang kokoh untuk menopang buahnya.


Pohon Anggur Brazil atau Jabuticaba mempunyai banyak cabang. Buah anggur brazil matang berkulit ungu pekat kehitam-hitaman dengan kulit tipis namun kencang dengan diameter sekitar 3-4 cm. Dalam satu buah terdapat 1-5 biji kecil. Buah muda berwarna hijau, daging buahnya berwarna putih dengan rasa elok asam. Kulit tipis yang membungkus daging putih bening itu terasa lembut apabila dikulum. Karena sifat kulitnya kencang, di Brazil kulit yang dikeringkan dipakai sebagai obat diare, asma atau radang.


Klasifikasi Anggur Brazil

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Rosidae

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)

Genus: Myrciaria

Spesies: Myrciaria cauliflora


Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil


Syarat Tumbuh Anggur Brazil


Tanaman Anggur Brazil/Anggur Batang/Anggur Pohon atau Jaboticaba/Jabuticaba ini sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik pada kawasan dengan ketinggian mulai 0 hingga 1000 m dpl. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara pribadi namun agak ternaungi, lahan tanam mempunyai tanah gembur, drainase baik dan pH 5,5-6,5. Tanaman ini toleran terhadap angin namun tidak dengan udara asin laut.


Cara Perbanyakan Bibit Anggur Brazil


Perbanyakan bibit atau pembibitan anggur brazil sanggup dilakukan melalui biji maupun cangkok. Namun pembibitan melalui biji akan menciptakan tumbuhan akan hidup sangat lama, mempunyai akar besar lengan berkuasa serta mempunyai bentuk tajuk, namun pertumbuhannya cukup lambat.


Persiapan Tempat dan Lokasi Penanaman


Anggur brazil sanggup ditanam di pot maupun pribadi ke lahan tanam baik di perkebunan atau pekarangan rumah. Lokasi yang baik untuk menanam anggur batang ini yaitu lahan yang higienis dari gulma, tidak terlalu sempit, tanah kaya akan unsur hara dan lahan tersinari matahari secara langsung


Setelah lokasi penanaman ditentukan, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan memakai cangkul, lubang tanam tersebut diibuat dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Kemudian, tanah bekas galian sanggup dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan sekam, kemudian tutup dengan plastik kemudian diamkan. Diamkan lubang tanam selama 2-3 hari, tujuannya biar menghilangkan gas racun pada tanah.


Cara Menanam Anggur Brazil


Jika lahan dan bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Ambil bibit anggur brazil yang sudah siap kemudian lepaskan polybag tanamnya dengan hati-hati, jangan hingga media tanam dan akarnya rusak. Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak.


Tutup kembali lubang tanam dengan media tanam yang sudah disipkan sebelumnya kemudian padatkan media tanam disekitar bibit kemudian lakukan penyiraman dan berikan ajir bambu berukuran 1,5 meter sebagai penopang bibit.


Cara Merawat Anggur Brazil


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari, namun penyiraman tersebut diadaptasi dengan kelembaban tanah pada lahan. Lakukan pula kontribusi nutrisi terhadap tumbuhan dengan melaksanakan pemupukan, pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk organik maupun kombinasi pupuk kimia. Pemupukan ini dilakukan secaara rutin setiap 1 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Anggur Brazil (Jaboticaba) Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel