Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula

Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula – Suji atau daun pudak (Dracaena angustifolia syn. Pleomele angustifolia) merupakan tumbuhan perdu tahunan yang daunnya banyak dimanfaatkan sebagai pewarna hijau makanan. Daun suji ini memperlihatkan warna hijau yang lebih pekat dibandingkan dengan daun pandan bau namun daun suji ini tidak mempunyai aroma.


Klasifikasi ilmiah Daun Suji

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Asparagales

Famili: Ruscaceae (Dracaenaceae)

Genus: Dracaena

Spesies: D. angustifolia


Selain dimanfaatkan sebagai pewarna, tumbuhan suji ini juga sering dijadikan sebagai tumbuhan pekarangan alasannya ialah mempunyai bentuk yang indah dan bunganya juga beraroma bau terutama pada sore hari. Bunga beragam tersusun dalam karangan dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan terkadang terdapat semburat ungu.


Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji


Cara Pembibitan Daun Suji


Pembibitan tumbuhan daun suji sanggup dilakukan dengan cara pemisahan tunas yang muncul dari pangkal induk atau melalui stek batang. Namun kalau ingin cepat penanamannya, sebaiknya pilih pembibitan melalui tunas. Caranya pisahkan tunas anakan dari tumbuhan induk, sertakan akarnya. Setelah itu, simpan tunas tersebut sementara dalam ruangan lembap dan lembab.


Cara Menanam Tanaman Daun Suji


Sebelum melaksanakan penanaman, siapkan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, yang aduk kedua materi media tanam tersebut secara merata. Setelah itu, tanam bibit pada media tanam sedalam 5 cm sampai 10 cm, kemudian padatkan areal sekitar bibit biar kuat. Setelah itu, siram area sekitar pangkal tumbuhan biar bibit sanggup tumbuh baik.


Cara Merawat Tanaman Daun Suji


Seperti kebanyakan tumbuhan berkayu lainnya, tumbuhan suji sanggup menyerap air tanah dengan baik. Makara penyiraman hanya perlu dilakukan sesekali apabila diharapkan saja. Apabila suji ditanam di pekarangan, maka jangan lupa lakukan penyiangan terhadap gulma dan merampali dedaunan yang kering. Selain itu, lakukan pula proteksi nutrisi berupa pupuk baik pupuk organik atau pupuk buatan secara terpola setiap 1-2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel