Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula – Bunga lilin atau bunga lolipop (Pachystachys lutea) merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga yang sudah banyak dibudidayakan di Bandung, Tanaman hias ini banyak yang bilanh seakan-akan dengan lilin dan tumbuhan bunga lilin ini didatangkan dari Peru.


Batang tumbuhan bunga ini bulat, beruas, bergairah dan berwarna hijau kecokelatan. Daun bunga lilin tunggal dan terletak silang berhadapan tak bertangkai dengan bentuk daun lanset, bab ujung dan pangkal meruncing, berwarna hijau, mempunyai permukaan daun bergairah dengan panjang daun sekitar 5-15 cm.


Bunga lilin ini mempunyai bunga kuning yang elok dan tak jarang, bunga ini dijadikan sebagai komplemen dalam dekorasi pelaminan. Selain indah, bunga lilin ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, dengan kandungan yang sama dengan jambu biji. Seluruh bab tumbuhan bunga lilin mengandung alkanoid, polifenol dan saponin. Seluruh bab tumbuhan tersebut sanggup dijadikan obat baik dalam keadaan segar maupun keadaan kering, manfaat bunga lilin adalah sanggup dipakai untuk membantu menyembuhkan diare, sakit perut, obat cacing dan lain sebagainya.


Klasifikasi Bunga Lilin

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Asteridae

Ordo: Scrophulariales

Famili: Acanthaceae

Genus: Pachystachys

Spesies: Pachystachys lutea L.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin


Persiapan Bibit Bunga Lilin


Cara memperbanyak bunga lilin sanggup dilakukan melalui stek batang. Seperti kebanyakan stek tumbuhan lainnya, pilih batang yang bagus dengan struktur berpengaruh dan bentuknya lurus. Selain itu, pastikan dikala memotong batang tersebut harus memakai pisau tajam dan arahnya miring sehingga tidak merusak batang. Setelah itu, pribadi sanggup ditanam di media tanam.


Cara Menanam Bunga Lilin


Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa olahan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, tanam bibit dengan arah tegak lurus keatas pada media tanam. Sebaiknya tanam bibit bunga lilin tersebut sedalam 10 cm semoga tidak gampang roboh dan perakarannya kuat. Kemudian, basahi media tanam dengan air semoga kondisi bibit sesudah tanam tidak layu.


Cara Merawat Bunga Lilin


Lakukan penyiraman tumbuhan bunga ini jikalau tumbuhan terlihat layu atau kering saja. Lakukan pemupukan pada tumbuhan bunga lilin ini setiap sebulan atau sebulan setengah, pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk kompos atau pupuk cair dengan cara diletakkan atau disiramkan pada pangkal batang bunga. Tujuannya semoga nutrisi lebih gampang terserap oleh tanaman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Lilin Yang Baik dan Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel