Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat – Blueberry ialah nama buah dari salah satu tumbuhan yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan mempunyai nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus, berasal dari Amerika Utara dan sanggup tumbuh di area sub tropis.


Meskipun sama-sama mempunyai rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya mempunyai satu buah pada setiap tangkainya.


Buah blueberry mempunyai ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang lingkaran mempunyai mahkota diujung buahnya.


Meskipun tumbuhan blueberry berasla dari dari Amerika Utara, dikala ini tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan ibarat di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara pecahan Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.


Berdasarkan penelitian terakhir pada Blueberry, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya bisa mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.


Klasifikasi ilmiah blueberry

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ericales

Famili: Ericaceae

Genus: Vaccinium

Seksi: Cyanococcus


Cara Menanam Blueberry Dalam Pot atau Tabulampot Blueberry


Syarat Tumbuh Blueberry


Sebaiknya kawasan tanam atau budidaya blueberry terkena sinar matahari secara penuh dan tanah atau media tanam mempunyai sistem drainase yang baik. Tanaman blueberry akan tumbuh dengan baik pada tanah yang mempunyai pH sekitar 4,5-4,8.


Persiapan Bibit Blueberry


Bibit blueberry sanggup diperoleh dengan cara membelinya di toko pertanian atau tanaman. Di Indonesia, harga bibit dan tumbuhan blueberry cukup mahal.


Cara Menyemai dan Menanam Blueberry Di Pot


Siapkan media semai berupa cocopeat atau tanah non kompos, tanah merah dan tanah berpasir. Pastikan media tanamnya mempunyai pH 4-5, alasannya ialah kalau pH lebih dari 5,5 tumbuhan blueberry tidak sanggup tumbuh. Untuk itu, untuk menjaga keasaman media tanam sanggup dilakukan penyiraman dengan memakai adonan 1 sendok makan cuka (vinegar) ditambah dengan 5 liter air atau dengan menaburkan bubuk kopi di atas media tanam. Persiapan media semai ini sanggup dilakukan 3-5 hari sebelum bibit ditanam.


Setelah itu, semai biji blueberry dengan pot kecil atau potongan botol. Normalnya, biji blueberry membutuhkan waktu sekitar 2 ahad untuk berkecambah. Tunggu sampai bibit blueberry mencapai ketinggian sekitar 10 cm sampai 15 cm sebelum dipindahkan ke kawasan tanam permanen.


Cara Merawat Blueberry Dalam Pot


Lakukan santunan air secara teratur biar tanah tetap lembab namun jangan terlalu sampai media tanam jenuh air. Lakukan pula Pemupukan sebanyak dua kali selama masa pertumbuhan dengan takaran sebanyak 2 ons NPK 12-4-8 dengan jarak sekitar 30 cm melingkar dari pangkal batang. 1 ons ammonia sulfate sanggup diberikan kalau tumbuhan terlihat menguning.


Pemupukan lanjutan diberikan pada tumbuhan perlu diadaptasi dengan pertumbuhan ruas daun. Pada tahapan munculnya tunas daun kedua dan ketiga pemupukan NPK 12-4-8 sanggup diberikan sebanyak 4 ons. Pada fase kemunculan daun ke 4, 5, 6 dan seterusnya, pupuk diberikan dengan takaran masing-masing 6 ons, 8 ons, dan 10 ons.


Setelah muncul buah, sebaiknya buah eksklusif di lindungi atau dibungkus mengggunakan jaring nylon biar buah tidak dimakan oleh hama burung.


Masa Panen Blueberry


Untuk mendapat Blueberry dengan kualitas yang baik, maka pemanenan buah blueberry sanggup dilakukan pada 4-6 hari sesudah buah berubah seluruhnya menjadi biru.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel