Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot (Tabulampot Jambu Madu) Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot (Tabulampot Jambu Madu) Agar Cepat Berbuah Lebat – Jambu air ialah tumbuhan dari suku Myrtaceae atau jambu-jambuan yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air bahu-membahu berbeda dengan jambu semarang atau Syzygium samarangense, relasi keduanya yaitu mempunyai pohon dan buah yang hampir sama. Umumnya jambu air berupa tumbuhan perdu dengan ketinggian mencapai sekitar 3-10 meter, daunnya tunggal berhadapan dengan bentuk jantung jorong sampai lingkaran telur terbalik lonjong. Buah jambu air bertipe buni dengan bentukj menyerupai gasing dengan pangkal kecil dan ujung melebar, sisi luar buah berwarna putih sampai merah, daging buahnya berwarna putih, mengandung banyak air, hampir tidak mempunyai aroma, mempunyai rasa asam atau asam elok terkadang agak sepat.


Klasifikasi Jambu

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: S. aqueum


Kini banyak ditemukan nama dan varietas jambu air yang gres salah satunya ialah jambu madu merah dan jambu madu hijau, jambu air madu ini mempunyai rasa yang segar dan sangat elok ketika dimakan. Banyak orang yang menyukai jambu ini sehingga bagi anda yang ingin mencari peluang perjuangan tampaknya budidaya jambu madu ini sanggup dijadikan sebagai usaha. Jika anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam atau budidaya jambu madu ini, anda sanggup menanam jambu madu dalam pot/polybag tanam (Tabulampot Jambu Madu). Berikut cara budidaya atau menanam jambu madu merah dan jambu madu hijau, Selengkapnya:


Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot atau Tabulampot Jambu Madu


Persiapan Bibit Jambu Madu


Pilihlah bibit jambu air yang berkualitas alasannya ialah akan kuat pada kualitas buah yang dihasilkan. Bibit jambu madu sanggup diperoleh dengan cara stek atau cangkok dari tumbuhan indukan yang telah berbuah sebelumnya. Tapi jikalau tidak ingin ribet, bibit jambu madu sanggup diperoleh dengan membelinya di toko tanaman.


Persiapan Tempat dan Media Tanam Jambu Madu


Siapkan pot/polybag tanam yang berukuran besar dengan diameter sekitar 50 cm atau wadah lain menyerupai drum bekas yang dipotong menjadi 2 untuk menanam jambu.


Siapkan pula media tanam berupa adonan tanah, sekam padi dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1, campurkan ketiga materi media tanam tersebut sampai tercampur rata.


Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot


Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot tanam sampai setengah bagian. Lalu, masukkan bibit jambu madu ke dalam pot namun sebelumnya lepaskan plastik polybag bibit. Timbun kembali tapi jangan terlalu penuh.


Cara Merawat Jambu Madu Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Apabila demam isu kemarau, penyiraman sanggup ditingkatkan menjadi 3 hari sekali.


Lakukan pula sumbangan pupuk. Pemupukan tersebut dilakukan sebanyak 2 kali seminggu dengan memakai pupuk sangkar dan pupuk NPK.


Setelah tumbuhan mulai tumbuh tunas-tunas baru, lakukan pemangkasan semoga tunas bertambah banyak. Jika pohon jambu masu mulai berbunga, sanggup dibungkus atau dipasang kelambu semoga tidak terjangkit hama


Masa Panen Jambu Madu


Biasanya jambu madu akan berbuah sesudah berumur 2-3 tahun tergantung jenis dan varietasnya. Buah jambu madu ini tak kenal dengan musim, buah ini sanggup dipanen sampai 10 kg per pohon dengan usia sekitar 1,5 sampai 2 tahun. Buah yang dipanen haruslah buah jambu yang telah benar-benar matang.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot (Tabulampot Jambu Madu) Agar Cepat Berbuah Lebat” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jambu Madu Dalam Pot (Tabulampot Jambu Madu) Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel