Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah – Sikas atau pakis haji merupakan salah satu tumbuhan hias yang lazimnya ditanam di luar ruangan. Tanaman sikas ini mberasal dari keluarga suku Cycadinae. Tanaman sikas ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama Mawar Jambe. Konon katanya, tumbuhan sikas ini sudah ada semenjak jutaan tahun kemudian dan merupakan masakan dinosaurus pada waktu itu. Tanaman Sikas ini sangat menarik perhatian pencinta tumbuhan hias alasannya struktur batangnya yang keras berkayu berwarna cokelat berjonjot dan daunnya berwarna hijau gelap mengkilap. Memang tumbuhan sikas ini populer dengan pertumbuhannya yang lambat, namun daun tumbuhan sikas sanggup tumbuh sampai berukuran panjang sekitar 75 cm.


Klasifikasi Sikas

Kingdom: Plantae

Divisi: Cycadophyta

Kelas: Cycadopsida

Ordo: Cycadales

Famili: Cycadaceae

Persoon

Genus: Cycas


Cara Menanam Sikas Di Pot


Persiapan Bibit Sikas


Pembibitan sikas sanggup dilakukan melalui 2 cara melalui vegetatif dan generatif. Pembibitan secara generatif dilakukan melalui stek batang yang berukuan sedang dan sudah cukup umur. Sedangkan cara generatif dilakukan melalui biji yang dihasilkan oleh tumbuhan sikas. Selain itu, pembibitan sanggup dilakukan melalui anakan dari tunas yang keluar dari samping batang.


Cara Menanam Sikas Di Pot


Pertama, siapkan media tanam berupa adonan tanah, pasir dan kompos/pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1 kemudian semua materi diaduk sampai tercampur rata. Kemudian masukan media tanam tersebut ke pot tanam dengan ukuran diubahsuaikan dengan ukuran tumbuhan sikas yang akan ditanam.


Tanam bibit sikas ke dalam lubang tanam yang dibentuk dengan kedalaman sedang dan tidak terlalu dalam kemudian timbun kembali dan sedikit padatkan. Kemudian letakkan pot tersebut di tempat yang kering semoga terhindar dari pembusukan dan penyakit tanaman.


Cara Merawat Tanaman Sikas Dalam Pot


Tanaman sikas tidak menyukai kandungan air yang terlalu banyak, jadi penyiraman sanggup dilakukan seperlunya saja tidak perlu setiap hari. Untuk pertumbuhan yang lebih baik, penyiraman tersebut sanggup dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Agar gizi atau kebutuhan tumbuhan sikas terpenuhi maka perlu dilakukan pemupukan. Pemberian pupuk tersebut dilakukan secara seimbang antara pupuk organik dan pupuk non organik semoga kebutuhan gizi yang diharapkan tumbuhan sikas sanggup terpenuhi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memperlihatkan fungisida pada tanah semoga tidak ditumbuhi jamur.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Sikas Di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel