Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah

Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah – Kemangi (Ocimum basilicum) ialah tumbuhan perdu yang mempunyai ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga mempunyai aroma daun yang khas.


Kemangi merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya sanggup mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bundar telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun sanggup tumpul ataupun tajam dengan panjang mencapai 5 cm, mempunyai permukaan bergerigi atau rata. Wanginya menyerupai cengkeh dan rasanya pahit.


Klasifikasi Kemangi

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Lamiaceae

Genus: Ocimum

Spesies: Ocimum ×citriodorum


Kemangi biasanya dipakai untuk lalapan atau juga sebagai adonan masakan menyerupai pindang, pepes dan aneka macam macam masakan lainnya. Karena manfaatnya, kemangi banyak ditanam dan dibudidayakan. Jika kalian tidak mempunyai lahan yang luas, kalian sanggup menanam kemangi di pot atau polybag. Berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Kemangi di Pot/Polybag Tanam


Persiapan Tempat dan Media Tanam Kemangi


Siapkan daerah tanam berupa pot/polybag berukuran sedang dengan diameter sekitar 30 cm. Siapkan media tanam berupa tanah dan bokashi dengan perbandingan 1:1, kemudian tambahkan insektisida furadan 3g sebanyak 2 sendok makan per pot. Setelah itu, masukkan media tanam yang sudah disiapkan ke dalam pot/polybag tanam.


Persiapan Bibit Kemangi


Perbanyakan bibit kemangi sanggup dilakukan melalui biji. Bibit tersebut sanggup diperoleh dengan membelinya toko pertanian atau sanggup juga dengan membuat/menyiapkan bibit sendiri yaitu dengan cara mencari tumbuhan kemangi yang sudah bau tanah kemudian gosok dengan tangan sampai bibitnya tampak berupa biji berukuran kecil berwarna hitam.


Cara Menanam Kemangi Dalam Pot


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Namun sebelumnya, media tanam dalam pot disiram terlebih dulu sampai basah, kemudian barulah taburkan biji bibit kemangi ke media tanamdan tutup kembali dengan tanah yang lembut.


Cara Merawat Kemangi Dalam Pot


Pada awal tanam, lakukan penyiraman setiap hari, kalau sudah tumbuh maka penyiraman sanggup dilakukan 2 (dua) hari sekali secukupnya saja. Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan kemangi dalam pot setiap 2 ahad sekali. Jika tumbuhan kemangi tumbuh terlalu padat, maka lakukan penjarangan.


Lakukan pula, pemupukan setiap 2-3 ahad sekali dengan memakai pupuk kompos atau bokashi. Secara pupuk tersebut secara merata dalam pot/polybag kemudian siram sampai pupuk larut. Selain itu, pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk organik cair.


Masa Panen Kemangi


Kemangi sanggup dipanen atau dipetik sehabis berumur 55 hari tergantung pada tingkat kesuburan tanah atau media tanam yang digunakan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Kemangi di Pot atau Polybag Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel