Cara Menanam Tanaman Hias Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur – Pucuk Merah atau Syzygium oleana yakni salah satu jenis tumbuhan hias yang mempunyai tajuk dan daun seolah-olah dengan tumbuhan cengkeh. Tanaman bunga pucuk merah sanggup mempunyai diameter batang sampai sekitar 30 cm dan tinggi batang sekitar 7 m. Tanaman ini dikenal dengan pucuk merah alasannya yakni keseluruhan daunnya mempunyai warna hijau kecuali pada bab pucuk daun yang berwarna merah. Tanaman hias pucuk merah ini merupakan tumbuhan hias tropis sehingga cocok ditanam di Indonesia.


Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot


Cara Perbanyakan Pucuk Merah


Perbanyakan bibit pucuk merah sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu secara generatif (melalui biji) dan vegetatif (dengan cara stek batang).


Cara Perbanyakan Pucuk Merah Secara Generatif

Biji sanggup diperoleh dari pohon pucuk merah yang sudah cukup renta dan berbatang besar. Biji pucuk merah berbentuk lingkaran dan berukuran kecil seolah-olah biji lada. Biji yang baik untuk bibit yaitu biji yang sudah renta dan berwarna kehitam-hitaman. Biji tersebut kemudian disemai, berikut cara semai biji pucuk merah:


Biji sanggup disemai ditanah eksklusif atau memakai polybag ukuran kecil. Siapkan media semai berupa tanah gembur, sekam bakar dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Jika sudah tumbuh dan kira-kira tingginya sekitar 15 cm, pindahkan bibit ke polybag yang lebih besar.


Cara Perbanyakan Pucuk Merah Secara Vegetatif

Pilihlah batang yang baik untuk stek yaitu batang yang tidak terlalu mudaatau terlalu tua. Setelah memilih batang yang akan distek, kemudian potong batang tersebut dengan panjang sekitar 20 – 25 cm. Buang daun yang ada pada batang stek dan sisakan beberapa helai saja.


Untuk merangsang tumbuhnya akar, rendam batang stek dengan larutan ZPT atau air bawang merah beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan tanam kedalam polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kandang/kompos. Agar kulit stek tidak rusak, buat lubang tanam pada polybag terlebih dahulu dengan kedalaman kira-kira 5 cm. Setelah itu, letakkan polybag ditempat yang teduh semoga bibit stek cepat tumbuh. Siram secukupnya dan jangan terlalu berair jikalau media semai terlihat kering.


Cara Menanam Pohon Pucuk Merah Dalam Pot/Polybag


Jika menanam pohon pucuk merah dalam pot, maka siapkan pot dengan ukuran besar, kira-kira pot yang berdiameter 50-70 cm. Siapkan pula media tanam yang berupa adonan tanah, arang sekam/sekam bakar dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1:1. Berikut ini cara menanam pucuk merah dalam pot:


Masukkan media tanam ke dalam pot/polybag dengan sedikit di tekan. Setelah itu, buka polybag bibit pucuk merah dengan perlahan semoga media semainya tidak rusak. Setelah itu, potong dengan hati-hati akar tunggangnya memakai pisau. Hal tersebut bertujuan semoga nantinya akar tunggang tidak menembus pot.


Letakkan bibit pucuk merah ditengah pot, kemudian masukkan media tanam kembali sembari ditekan-tekan sedikit sampai media semai tertutup. Setelah itu, tempatkan di daerah yang teduh selama beberapa hari semoga tumbuhan pucuk merah beradaptasi. Kemudian, lakukan penyiraman secukupnya. Jika dirasa tumbuhan sudah cukup kuat, tumbuhan sanggup diperkenalkan dengan sinar matahari secara sedikit demi sedikit kemudian pot sanggup diletakkan ditempat yang dikehendaki.


Cara Merawat Tanaman Pucuk Merah


Agar pucuk tetap indah dan tetap menghasilkan pucuk merah gres perlu dilakukan pemangkasan pada daun-daun yang sudah renta secara terpola minimal 2 ahad sekali. Untuk mendapat tajuk yang indah perlu dilakukan pemangkasan secara rutin yaitu 2 atau 3 bulan sekali.


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari semoga terjaga kesuburan dan pertumbuhan pucuk. Selain itu lakukan pemupukan secara terpola minimal setiap 2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Hias Pucuk Merah Dalam Pot Di Rumah Agar Tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel