Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Sunkist) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Sunkist) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Jeruk Sunkist ialah jenis jeruk yang populer rasa manisnya. Tanaman jeruk sunkist ini berasal dari California, Arizona. Jeruk ini mempunyai rasa yang sangat bagus dan mempunyai aroma yang segar sehingga jeruk ini sanggup dimakan eksklusif dan dibentuk jus juga enak. Jeruk ini banyak dijual di supermarket, pasar ataupun toko-toko buah. Harga jeruk ini cukup mahal yaitu mencapai 60.000/kg.


Dengan rasanya yang bagus dan harganya yang cukup mahal tak heran kalau banyak orang tertarik untuk menanam atau budidaya jeruk sunkist ini sebagai perjuangan mereka. Jika anda tidak mempunyai lahan tanam yang luas, anda sanggup menanam jeruk sunkist dalam pot atau tabulampot jeruk sunkist.


Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Sunkist


Pemilihan Bibit Jeruk Sunkist


Bibit Jeruk sunkist sanggup diperoleh dari hasil generatif atau dari biji atau vegetatif atau bibit hasil okulasi dan cangkok. Akan tetapi, pembudidaya cenderung lebih menentukan bibit hasil okulasi, alasannya ialah hasil okulasi pembuahan lebih produktif.Dari pada bersusah payah menciptakan bibit sendiri, anda sanggup membelinya di toko bibit. Pilihlah bibit yang sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu dan kering, berbatang kokoh tidak kurus, bercabang rindang.


Pastikan bibit tumbuhan jeruk sunkist mempunyai ketinggian sekitar 30-45 cm dan berumur sekitar 4-5 bulan. Jika bibit kurang atau lebih dari 4-5 bulan bibit tidak mempunyai hasil produksi yang optimal.


Jika anda membeli bibit, hindari menentukan atau membeli bibit yang telah berbuah alasannya ialah itu merupakan salah satu ciri bibit tumbuhan itu tidak layak ditanam. Umumnya, bibit tumbuhan yang telah berbuah tidak dijual oleh pedagang bibit tumbuhan malah biasanya bibit menyerupai itu dibuang alasannya ialah bibit tidak sanggup digunakan.


Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot


Pot tanam yang perlu disiapkan diadaptasi dengan bibit jeruk sunkist yang akan ditanam. Selain itu, siapkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kimia dan pupuk sangkar supaya ketika disiram air gampang mengalir dengan baik.


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman bibit jeruk sunkist tersebut. Setelah penanaman, letakkan pot pada daerah yang mendapat sinar matahari secara langsung.


Cara Merawat Jeruk Sunkist Dalam Pot


Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir ini dipakai untuk menopang bibit jeruk sunkist supaya tidak gampang roboh apabila terkena gangguan dari luar. Ajir sanggup dibentuk dari bambu yang di belah menjadi beberapa kepingan dengan ukuran 1,5 meter.


Pemupukan

Agar tumbuhan tumbuh dengan cepat, subur, sehat dan tumbuhan jeruk tidak rentan terkena penyakit, maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan ini sanggup dilakukan dengan memakai pupuk kandang/kompos ataupun pupuk NPK.


Merangsang Munculnya Bunga dan Buah

Rajinlah untuk memberinya hormon perangsang buah pada tumbuhan jeruk sunkist. Pemberian hormon perangsang buah sanggup menciptakan tumbuhan lebih cepat dalam pemrosesan buah. Hasil buah yang didapat lebih baik, lebih padat dan juga rasanya segar lebih manis. Pemberian hormon perangsang buah ini sanggup dilakukan setiap 1 bulan sekali.


Perawatan Lainnya

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada disekitar tumbuhan supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan jeruk sunkist. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan, lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering atau tidak perlu.


Demikian artikel wacana “Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Sunkist) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Sunkist) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel