Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Labu Siam atau Jipang (Sechium edule) ialah tumbuhan sayur yang berasal dari suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Pada tumbuhan ini serpihan yang sanggup dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini tumbuh merambat dengan buah menggantung dari tangkai. Daunnya mempunyai bentuk menyerupai segitiga dengan permukaan berbulu. Labu siam mempunyai bentuk buah menyerupai bola lampu, permukaan kulit berbulu yang agak tajam tapi jarang-jarang dengan daging buah yang mengandung banyak air dan lunak.


Klasifikasi ilmiah Labu Siam

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Violales

Famili: Cucurbitaceae

Genus: Sechium

Spesies: S. edule


Labu siam mempunyai banyak manfaat, adapun manfaat labu siam diantaranya yaitu sanggup dijasikan sebagai sumber stamina, sumber mineral, mencegah penuaan dini, sumber antioksidan, mengobati kerikil ginjal, mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengobati kembung, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia dan mengurangi resiko stroke.


Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot atau Tabulampot Labu Siam


Persiapan Bibit Labu Siam


Pembibitan labu siam sanggup dilakukan dengan memakai buah labu siam yang sudah tua. Petik buah yang sudah bau tanah tersebut kemudian benamkan ke polybag semai yang telah diisi tanah yang lembab. Setelah dibenamkan, lakukan penyiraman dengan air secukupnya dan biarkan hingga bibit muncul tunas baru. Setelah tunas telah tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 cm lebih, maka bibit sanggup dipindahkan ke pot yang lebih besar.


Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Siapkan pot berukuran besar kemudian isi dengan media tanam berupa tanah yang bagus. Selanjutnya, buatlah lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm. Lepaskan polybag semai pada bibit dengan hati-hati biar media dan perakarannya tidak rusak, kemudian masukkan bibit labu siam dan timbun kembali. Setelah itu lakukan penyiraman dan alasannya tumbuhan labu siam tumbuhan merambat maka pasang para-para atau ajir beruoa bulah bambu di samping tanaman.


Cara Merawat Labu Siam Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara rutin, jangan hingga tumbuhan kekeringan. Jika tumbuhan labu siam telah mengeluarkan sulur sulur atau rambatan maka arahkan sulur tersebut dengan cara melilitkannya pada bambu yang disampingnya.


Lakukan pula pemangkasan pada serpihan cabang tumbuhan ketika memasuki usia 3-6 minggu. Ujung cabang dan daun yang sudah bau tanah dipotong, tujuannya biar tunas gres tumbuh dan menyebar dengan baik dan sanggup menghasilkan pertumbuhan buah yang berkualitas dan merata.


Masa Panen Labu Siam


Pada umumnya, pemanenan labu siam sanggup dilakukan pasa ketika tumbuhan berusia 3-5 bulan sehabis tanam. Cara memanen labu siam dilakukan dengan memotong buah labu siam beserta tangkainya dengan memakai pisau. Pemanenan berikutnya sanggup dilakukan setiap seminggu sekali. Masa produktif labu siam yaitu sekitar 3-4 tahun.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Labu Siam Dalam Pot Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel