Panduan Lengkap Cara Budidaya Padi Beras Merah Agar Hasil Panen Melimpah Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Padi Beras Merah Agar Hasil Panen Melimpah Bagi Pemula – Padi Merah atau Beras Merah (oryza glaberrima) merupakan salah satu produk tumbuhan pangan yang sanggup tumbuh subur di tempat berikli tropis menyerupai Indonesia.


Berdasarkan banyak penelitian, kandungan nutrisi dalam beras merah jauh lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kebutuhan kalori harian tubuh cukup terpenuhi dengan segelas nasi beras merah sebab sudah mengandung 216,45 kalori. Adapun kandungan yang terdapat dalam beras merah yaitu Zat Antosianin, Serat dan Minyak Alami, Vitamin B Kompleks (thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat dan niacin), protein (7,5mg/100 gram), karbohidrat (77,6g/100 gram), asam amino, mineral dan lain sebagainya.


Dengan Banyaknya kandungan tersebut, beras merah ini mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya yaitu:



  • Dapat membantu menurunkan berat badan/baik untuk diet

  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Dapat membantu menjaga kesehatan pencernaam

  • Dapat membantu mengobati asma

  • Dapat menurunkan kadar kolestrol jahat

  • Dapat mencegah kerikil empedu

  • Dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

  • Dapat menurunkan risiko terkena diabetes

  • Sebagai antioksidan alami

  • Baik bagi ibu hamil dan bayi

  • Membantu menjaga kelembaban kulit

  • Membuat kulit halus dan lembut

  • Baik untuk peremajaan kulit

  • Mencerahkan bibir


Namun selain mempunyai manfaat, ada efek samping mengonsumsi beras merah yaitu lebih susah dicerna oleh tubuh sebab kandungan asam fiktat dan lektin dalam beras merah yang bisa mengikat vitamin dan mineral menyerupai zinc, tembaga, magnesium, niasin dan juga kalsium.


Cara Budidaya Menanam Padi Beras Merah


Persiapan Lahan Tanam Padi Beras Merah


Pertama, siapkan terlebih dahulu lahan tanam yang akan dipakai untuk menanam padi beras merah. Lahan yang efisien untuk menanam padi beras merah yaitu sawah. Sebelum proses penanaman dilakukan sebaiknya bersihkan lahan tanam dari gulma dan tumbuhan pengganggu laiinya. Selanjutnya, lahan tanam digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak.


Persiapan Bibit Padi Beras Merah


Benih bibit beras merah sanggup diperoleh dengan membelinya di toko pertanian. Pilihlah benih bibit yang unggul dan juga berkualitas.


Jika sudah diperoleh, selanjutkan rendam benih bibit tersebut dalam air. Jika ada bibit yang mengapung buang, sebab hal tersebut menunjukan benih bersebut kurang baik. Setelah itu, lakukan penyemaian bibit padi beras merah pada lahan persemaian yang telah disiapkan.


Penanaman Padi Beras Merah


Setelah bibit telah berumur 21 hari, bibit sanggup dipindahkan ke lahan tanam yang sudah disiapkan. Penanaman padi beras merah ini sebaiknya dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan.


Pemeliharaan Tanaman Padi Beras Merah


Perawatan yang dilakukan pada tumbuhan padi beras merah sama halnya dengan pemeliharaan tumbuhan padi biasa yaitu7 menyerupai proteksi pupuk, penyulaman, penyiangan, irigasi, pengendalian hama dan penyakit.


Jika ada tumbuhan yang mati atau tumbuh tidak optimal, lakukan penyiangan dengan menggantinya dengan bibit yang baru. Penyulaman ini sebaiknya dilakukan pada dikala tumbuhan berumur 1-3 ahad biar tumbuhan tumbuh serempak.


Jika ada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tumbuhan padi beras merah maka segera lakukan penyiangan, penyiangan ini dilakukan pada dikala tumbuhan beras merah berumur 3-4 ahad danm 8 minggu.


Lakukan pula pengendalian hama dan penyakit dengan cara menyemprotkan pestisida. Pemberian pestisida tersebut kurang lebih dilakukan setiap 15 hari sekali.


Agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan tumbuhan padi beras merah terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik (pupuk kandang) maupun pupuk anorganik (urea, TSP dan KCL). Pemberian pupuk organik atau pupuk sangkar diberikan sehabis tumbuhan berumur tiga ahad sehabis tanam. Sedangkan pupuk anorganik yang diberikan sanggup berupa pupuk urea, TSP dan KCL. Pupuk TSP dan KCl diberikan dikala tanam dan urea pada 3-4 ahad dan 8 ahad sehabis tanam.


Masa Panen Padi Beras Merah


Pemanenan atau umur panen padi merah yaitu sekitar 5-6 bulan sehabis tanam. Cara panen padi beras merah, sama halnya menyerupai pemanenan padi pada umumnya.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Padi Beras Merah Agar Hasil Panen Melimpah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Padi Beras Merah Agar Hasil Panen Melimpah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel