Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses – Ayam arab yakni jenis ayam yang merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Ayam ini disebut ayam arab sebab pejantannya mempunyai daya seksual yang tinggi dan di Indonesia ayam ini ada melalui telur ayam ini yang dibawa oleh orang yang menunaikan ibadah haji dari Mekah.


Ciri-ciri ayam arab ini sanggup dikenali melalui bulunya, pada sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor lebih banyak didominasi hitam bercampur putih. Sedang jenggernya berbentuk kecil berwarna merah muda dan mata hitam dengan dilingkari warna kuning.


Ciri lain ayam arab yaitu pada umur 1 ahad pejantan ayam arab sudah tumbuh jengger, dan betina induk tidak mempunyai sifat mengeram. Dari penampilan tubuhnya, tinggi ayam arab cendekia balig cukup akal sanggup mencapai 35 cm dengan bobot 1,5-2 kg. Kepalanya mempunyai jengger berbentuk tunggal dan bergerigi. Ayam ini berbulu tebal. Bulu di sekitar leher berwarna kuning dan putih kehitaman. Warna bulu badannya putih bertotol-totol hitam. Kokok bunyi jantan nyaring.


Ciri ayam Arab betina cendekia balig cukup akal yaitu tingginya mencapai 25 cm dengan bobot 1,0-1,5 kg.; kepalanya berjengger tipis, bergerigi; badannya berbulu tebal. Selama usia produktif antara 6 bulan-1,5 tahun, betina arab terus-menerus bertelur, sehingga hampir setiap hari menghasilkan telur.


Kebanyakan masyarakat memanfaatkan ayam arab sebab produksi telurnya tinggi, mencapai 250-260 butir per tahun. Namun ada juga yang memanfaatkan untuk produksi dagingnya. Bentuk daging dan teksturnya tak jauh berbeda dengan ayam kampung yang lain. Walaupun warna dagingnya cenderung keabu-abuan atau pucat.


Walaupun begitu, kandungan gizi dalam daging ayam arab ini cukup baik, kandungan nutrisi terutama proteinnya tidak jauh berbeda dari ayam buras dan lebih tinggi dari ayam ras. Kandungan lemak pada ayam arab jauh lebih rendah dibanding ayam ras ataupun ayam buras.


Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging


Persiapan Kandang Budidaya Ayam Arab Pedaging


Pilihlah lokasi sangkar budidaya yang gampang di jangkau transportasi, berada jauh dari perumahan warga, tenang, dan umumnya arah sangkar menghadap timur, serta sangkar erat dengan sumber air. Usahakan juga untuk mengatur suhu ideal sesuai dengan usia ayam arab.


Kandang budidaya sanggup dibentuk dengan sistem sangkar ayam koloni, yaitu sistem sangkar yang didesain berupa satu sangkar luas yang terdiri dari ribuan ekor ayam dalam satu kandangnya. Atau sanggup juga sistem sangkar individu atau sangkar sage, yaitu sistem sangkar dimana tiap sangkar hanya di isi oleh satu ekor ayam saja.


Kandang dibentuk sesuai dengan jumlah ayam arab yang akan dibudidayakan, hal terpenting dalam budidaya ayam ini yaitu menjaga kebersihan sangkar biar ayam tetap terjaga kesehatannya.


Pemilihan Bibit Ayam Arab Pedaging


Pilih bibit ayam arab yang berkualitas, ciri-ciri ayam arab berkualitas yaitu: aktif bergerak, sehat dan tidak sedang sakit atau cacat; kawasan anusnya tidak kotor, mempunyai mata tajam, hidung bersih; mempunyai bulu bibit tak kusam, sehat dan mengkilap.


Pemberian Pakan Ayam Arab Pedaging


Agar ayam tumbuh maksimal, maka berikan pakan yang bernutrisi. Sistem donasi pakan pada ayam pedaging yaitu sistem adlibitum atau menawarkan pakan tanpa batas alias selalu tersedia. Untuk jenis pakannya sanggup memakai crumbles (butiran berbentuk pecah) dan berbentuk tepung, dan sanggup juga pelet.


Perawatan Ayam Arab Pedaging


Pada 7 hari pertama, disarankan untuk meletakkan bibit ayam ke dalam incubator atau sanggup memakai indukan. Sediakan pula pakan dan minum berupa air hangat. Pakan yang diberikan umumnya yaitu crumbles yang berbentuk butiran kecil.


Pada ahad kedua, suhu pada incubator sanggup di kurangi dan pakan yang diberikan masih memakai jenis yang sama.


Ketika memasuki hari ke lima belas, tidak lagi membutuhkan pemanas atau incubator. Pada hari ke 22, bulu-bulu anakan ayam mulai tumbuh dan donasi pakan dua kali lipat dari sebelumnya.


Memasuki ahad kelima, lakukan pencucian sangkar sebab biasanya sudah banyak kotoran dalam kandang. Hal ini juga bertujuan biar ayam tidak gampang terjangkit penyakit.


Masa Panen Ayam Arab Pedaging


Jika masa panen sudah tiba, maka lakukan pemanenan dengan cara sistemik yaitu melaksanakan penangkapan secara sedikit demi sedikit kemudian dilakukan penyekatan. Hindari penangkapan ayam secara keseluruhan sebab sanggup menciptakan ayam lemas, selain itu hindari cara over lapping atau melaksanakan penumpukan pada sudut sangkar biar tidak banyak ayam menjadi mati.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel