Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses – Gurame Soang atau gurami bebek merupakan salah satu varietas gurami yang berasal dari Indonesia. Gurami soang dikenal juga dengan gurame Jawa Barat alasannya ialah awalnya ikan ini banyak ditemukan di provinsi Jawa Barat, khususnya kawasan Ciamis.


Ciri-ciri gurame soang yaitu mempunyai 2 dahi yang cukup menonjol baik jantan maupun betina. Gurame soang jantan mempunyai badan panjang dan ramping dengan tonjolan dahi yang lebih terlihat dibanding gurame soang betina. Tubuh gurame jantan panjang dan ramping dengan tonjolan dagu yang lebih terlihat daripada gurame soang betina. Makin cukup umur gurame jantan, dahinya tampak semakin menonjol ke atas seakan-akan kepala angsa.


Gurame soang merupakan jenis gurami yang paling diminati peternak. Hal ini alasannya ialah pertumbuhan jenis gurame ini lebih cepat sehingga sudah sanggup dipanen dalam waktu 8-9 bulan. Berikut cara budidaya gurame soang:


Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal


Persiapan Kolam Terpal Budidaya Gurame Soang


Pilih lokasi yang tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu hirau taacuh untuk menciptakan bak dan pastikan juga lokasi jauh dari lahan industri. Jika sudah ditentukan, bersihkan terlebih dahulu lokasi yang akan dijadikan bak dari sampah ataupun batuan.


Buatlah bak pada lokasi tersebut dengan ketinggian 90-100 m, lebarnya sanggup sesuaikan dengan kebutuhan tapi umumnya bak dibentuk dengan ukuran sekitar 4 x 8 m. Seperti yang diketahui, terpal umumnya mempunyai ukuran 6 x 10 m, kalau dipasang maka akan menyisakan sekitar 2 m yang sanggup dipakai sebagai dinding.


Setelah bak dibuat, taburkan sekam terlebih dahulu dengan ketebalan sekitar 10 cm. Kemudian, lakukan penyiraman untuk melembabkan dan memadatkan sekam, kemudian pasang terpal di atas sekam. Jangan lupa pula, tambahkan watu bata sebagai pengganjal semoga terpal tidak gampang lepas.


Setelah terpal terpasang, basuh terpal dengan air dan bilas sampai higienis dan biarkan bak terpapar sinar matahari selama 3 hari.


Pengisian Air Pada Kolam Budidaya Ikan Gurame Soang


Jika bak sudah siap, segera isi bak dengan air. Sebaiknya gunakan air sungai ataupun air sumur, hindari penggunaan air PDAM alasannya ialah sanggup meracuni benih.


Pengisian air bak tersebut dilakukan sehabis 3 hari masa pengeringan, air bak diisi dengan ketinggian sekitar 75 cm. Pengisian air bak yang sedikit rendah ini bertujuan semoga ikan gurame tidak gampang lompat serta menghindari air meluap ketika hujan.


Untuk membasmi serta mencegah jamur pada masa pengeringan kolam, taburkan garam sebanyak 2 ons/m. Taburkan juga pupuk urea sebagai katalis plankton, tujuannya untuk memberi pakan alami ikan gurame. Setelah pengisian air, biarkan selama seminggu semoga plankton berkembang biak terlebih dahulu.


Persiapan dan Penebaran Benih Gurame Soang


Benih gurame soang sendiri sanggup diperoleh dengan 2 cara yaitu membeli dan melaksanakan pemijahan. Pilih benih yang baik dan layak budidaya dengan ciri-ciri: benih tidak terkena penyakit ataupun hama dan juga pastikan benih tidak cacat dan bergerak lincah.


Tebarkan benih pada bak budidaya dengan memasukkan benih bersama wadahnya terlebih dahulu di bak selama 15 menit semoga benih sanggup mengikuti keadaan dengan mudah. Setelah itu, barulah sanggup menebar benih pada bak sebanyak 15 ekor per m2.


Pemeliharaan Ikan Gurame Soang


Saat benih, ikan gurame soang merupakan jenis ikan karnivora sehingga sanggup diberi pakan berupa pelet ataupun plankton. Saat ikan sudah mulai besar maka ikan bersifat herbivora maka sanggup diberi pakan berupa daun talas, daun papaya, kangkung, jagung, sawi dan daun taicin sebagai materi pakan tambahan. Sedangkan pakan pokoknya sanggup berupa pelet yang diberikan secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore.


Perhatikan kualitas air selalu dan lakukan pencucian kotoran minimal 30 hari sekali. Untuk mengurangi sinar matahari masukan tumbuhan enceng gondok pada bak kalau lokasi terkena sinar matahari penuh.


Masa Panen Ikan Gurame Soang


Pemanenan ikan guramae soang ini sanggup dilakukan ketika memasuki umur 8-9 bulan. Panen ikan gurame ini sanggup memakai jaring ataupun seser kemudian dimasukkan ke dalam ember.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurame Soang Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel