Panduan Lengkap Cara Budidaya Cucak Ijo Mini Agar Sukses Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Cucak Ijo Mini Agar Sukses Bagi Pemula – Burung cucak ijo mini yaitu salah satu jenis burung khas pulau Sumatra dan Kalimantan, burung ini cukup terkenal di kedua pulau tersebut. Banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan burung cucak ijo mini ini, tujuan kebanyakan budidaya ini dilakukan yaitu untuk dijual anakannya atau untuk dipelihara sendiri.


Cara Budidaya Cucak Ijo Mini


Persiapan Budidaya Cucak Ijo Mini


Siapkan terlebih dahulu sangkar ternak serta indukan burung cucak ijo ini. Sebaiknya, indukan diambilkan dari bibit burung yang berkualitas, baik itu pejantan maupun betinanya.


Cari pejantan yang sudah gacor atau rajin bunyi, mempunyai postur badan tegap dan sehat, terlihat aktif, lincah, dan usianya telah mencapai 2 tahun. Sedangkan betinanya, pilih yang sehat, tidak ada cacat fisik, dan berusia di atas 1 tahun.


Untuk wadah atau sangkarnya, sebaiknya sediakan daerah khusus untuk ternak burung ini. Jika belum sanggup menyediakannya, maka berikan sangkar harian tapi dengan ukuran yang lebih besar supaya cucak ijo sanggup kawin dengan gampang dan leluasa.


Proses Perjodohan Cucak Ijo Mini


Setelah sangkar ternak dan indukan cucak ijo mini siap, selanjutnya mulai proses perjodohan cucak ijo mini. Cara menjodohkan jantan dan betina cucak ijo mini yaitu:


Letakkan kedua indukan cucak ijo berkualitas pada sangkarnya masing-masing, kemudian dekatkan sangkar tersebut. Maka pejantan akan mulai merayu betina dengan mengeluarkan kicauan khasnya, kalau betina mau menanggapi, maka kedua burung itu akan bersaut-sautan.


Jika hal itu terjadi, berarti perjodohan tersebut berhasil dilakukan. Namun kalau betina membisu saja bahkan menjauhi pejantan, berarti mereka tidak siap dikawinkan.


Tapi perlu diketahui, usia burung sangat memilih keberhasilan proses perjodohan ini, kalau kedua burung telah berakal balig cukup akal dan memasuki usia produktif, maka keduanya sanggup dikawinkan dengan cepat.


Disarankan perjodohan ini memakai sangkar budidaya cucak ijo yang disekat, jadi kalau kedua indukan sudah mengatakan gelagat saling munyukai, jadi hanya perlu menarik sekat di tengah-tengah sangkar tersebut supaya keduanya bertemu dan segera kawin.


Pemberian Pakan Ekstra untuk Menunjang Perjodohan Burung


Pakan penunjang (extra fooding) sangat kuat dalam keberhasilan budidaya cucak ijo mini ini. Selama proses perjodohan berikan pakan berupa 10 ekor jangkrik dan cacing untuk indukan jantan dan betina. Pakan tersebut diberikan setidaknya 3 hari sebelum memulai perjodohan, tujuan sumbangan pakan komplemen ini yaitu dibutuhkan birahi burung akan meningkat.


Selain itu, berikan pula asupan vitamin dan mineral yang berperan penting menjaga stamina dan kebugaran burung.


Proses Pengeraman Telur Cucak Ijo Mini


Saat proses pengeraman telur berlangsung, berikan daerah yang damai bagi indukan betinanya. Jauhkan dari lokasi yang banyak dilewati orang dan binatang lainnya, serta suara-suara berisik lainnya. Jangan lupa pula untuk berikan ekstra fooding supaya indukan tidak kekurangan gizi selama proses pengeraman.


Masa Anakan Cucak Ijo Mini


Telur cucak ijo mini akan menetas pada hari ke 14 sesudah pengeraman. Usia panen ideal untuk anakan cucak ijo mini yaitu 6-10 hari pasca menetas dari cangkang telurnya. Anda boleh mulai memisahkan anakan tersebut dari sang indukan dan meletakkan pada sangkar perawatan.


Pakan yang sanggup diberikan pada anakan sanggup berupa kroto. Pemberian pakan tersebut dilakukan memakai sumpit atau alat lainnya ibarat bilah bambu. Selain itu, sanggup juga menambahkan voer pada kroto tersebut.


Secara sedikit demi sedikit atau dikala mencapai usia 15 hari, anakan sanggup diberikan pakan berupa jangkrik yang sudah dipotong-potong. Jika anakan mulai aktif dan melompat-lompat, maka anakan sanggup dipindahkan ke sangkar barunya dengan desain yang sudah dimodifikasi.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Cucak Ijo Mini Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Cucak Ijo Mini Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel