Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurita Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurita Bagi Pemula Agar Sukses – Gurita ialah binatang moluska dari kelas Cephalopoda (kaki binatang terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang meliputi sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda.


Klasifikasi Gurita

Kingdom: Animalia

Filum: Moluska

Kelas: Cephalopoda

Subkelas: Coleoidea

Superordo: Octopodiformes

Ordo: Octopoda


Gurita mempunyai 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang dipakai untuk bergerak di dasar maritim dan menangkap mangsa. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar.


Tubuh yang sangat fleksibel memungkinkan gurita untuk menyelipkan diri pada celah batuan yang sangat sempit di dasar laut, terutama sewaktu melarikan diri dari ikan pemangsa. Gurita mempunyai masa hidup yang relatif singkat dan beberapa spesies hanya hidup selama 6 bulan. Reproduksi merupakan salah satu lantaran kematian, gurita jantan hanya sanggup hidup beberapa bulan sesudah kawin dan gurita betina mati mati tidak usang sesudah bertelur. Kematian disebabkan kelalaian gurita untuk makan selama sekitar satu bulan sewaktu menjaga telur-telur yang belum menetas.


Selubung potongan perut badan gurita disebut mantel yang terbuat dari otot dan terlihat menyerupai kantung. Gurita mempunyai tiga buah jantung yang terdiri dari dua buah jantung untuk memompa darah ke dua buah insang dan sebuah jantung untuk memompa darah ke seluruh potongan tubuh.


Gurita biasanya mempunyai tiga prosedur pertahanan diri: kantong tinta, kamuflase dan memutuskan lengan. Gurita bergerak dengan cara merangkak atau berenang. Gurita sering ditangkap untuk dipakai sebagai materi makanan, dipelihara di akuarium sebagai spesimen yang dipertontonkan, atau dipelihara sebagai binatang peliharaan.


Cara Budidaya Gurita


Persiapan Tempat Pemeliharaan Gurita


Siapkan akuarium khusus untuk memelihara gurita, jangan lupa tutup potongan atas akuarium daerah pemeliharaan tersebut dengan kawat kasa sehingga binatang gurita tidak sanggup melarikan diri.


Dalam akuarium disiapkan daerah persembunyian berupa gua buatan. Selain itu, atur pencahayaan dalam akuarium. Karena gurita biasanya tinggal di dasar laut. Makara dia tidak membutuhkan cahaya dalam jumlah yang cukup banyak. Pencahayaan secara maksimal justru akan membuatnya menjadi stres.


Pemberian Pakan Gurita


Pakan yang sanggup diberikan pada gurita sanggup berupa binatang kepiting kecil disarankan yang masih hidup, kemudian dimasukkan eksklusif ke akuarium daerah pemeliharaan semoga gurita sanggup menangkapnya sendiri. Selain kepiting kecil, gurita sanggup diberi pakan berupa udang dan ikan-ikan maritim kecil. Sesekali juga sanggup diberi timun yang sudah direbus. Berikan pakan ini setiap malam dan dini hari lantaran binatang gurita termasuk binatang nokturnal.


Alternatif lain pakan gurita yang dipelihara di dalam akuarium yaitu cacahan daging udang kecil, cacing beku, dan sesekali sanggup menunjukkan potongan mentimun layu (mentimun yang disiram air panas terlebih dahulu). Pakan gurita yang dipelihara dalam akuarium sanggup diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari lantaran binatang gurita ialah binatang nokturnal atau binatang yang aktif di malam hari.


Pemeliharaan Gurita


Agar gurita yang dipelihara sanggup tumbuh dengan sehat, maka harus jaga kebersihan akuarium. Ganti setengah volume air maritim yang ada di dalam tangki setiap 2 ahad sekali. Pasang alat aerator dan filtrasi yang mempunyai kegunaan untuk menjaga kebersihan akuarium. Segera ambil sisa pakan yang mengendap di dasar tangki sebelum mencemari air. Karena kalau air kotor sanggup menjadikan gurita mati.


Cara Perkawinan Gurita


Jika ingin memperbanyak gurita yang dipelihara, maka sanggup dilakukan pemeliharaan gurita berjenis kelamin jantan dan betina. Hewan bertentakel ini memakai instruksi kimia untuk mencari pasangannya.


Tapi ketika bertemu, binatang gurita jantan eksklusif ekstra waspada lantaran meski bukan binatang pemilih, binatang gurita betina akan memakan pasangannya sesudah berhubungan, sehingga harus segera memisahkan mereka sesudah kawin. Saat reproduksi, gurita jantan akan menyisipkan penis ke rongga mantel betina.


Organ yang juga biasa disebut sebagai lengan ketiga binatang gurita ini akan lepas dengan sendirinya ketika sudah masuk ke dalam organ vital binatang gurita betina. Lengan ketiga ini menyimpan sekantung sperma. Maka ketika itulah harus segera memisahkan semoga binatang gurita jantan tidak dimakan binatang gurita betina.


Masa Panen Gurita


Gurita mengandung zat besi yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Selain itu juga, gurita merupakan sumber kalsium, kalium, fosfor, selenium dan beberapa vitamin penting menyerupai vitamin C, A, beberapa vitamin B, serta beberapa asam lemak omega 3 sehingga daging gurita sangat bergizi kalau dimakan oleh manusia.


Memanen gurita dilakukan ketika gurita telah mencapai usia remaja dan mempunyai daging yang tebal, sesudah itu sanggup dijual di restoran sebagai dasar materi kuliner atau memasaknya langsung.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurita Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Gurita Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel