Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yaitu salah satu jenis tumbuhan berbunga yang mempunyai batang lembap dengan tinggi mencapai 20-80 cm, daunnya berwarna hijau dan berbentuk hati dengan panjang sekitar 2-11 cm dan lebar 8 mm – 7 cm. Buahnya yang keras berwarna hitam dan berbentuk bundar sanggup dibentuk sebagai bedak. Bunga pukul empat ini mempunyai bentuk menyerupai terompet dan mempunyai banyak warna menyerupai merah, putih, kombinasi dan lain-lain. Perbedaan warna bunga tersebut dilatar belakangi oleh gen. Tanaman bunga pukul empat atau four o’clock flower berasal daru Amerika Selatan.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Core Eudikotil

Ordo: Caryophyllales

Famili: Nyctaginaceae

Genus: Mirabilis

Spesies: M. jalapa


Disebut sebagai bunga pukul empat alasannya biasanya mekar ketika pukul empat sore, hal tersebut dikarenakan adanya rangsangan cahaya (fotonasti). Selain sebagai tumbuhan hias, bunga ini berfungsi juga sebagai pembatas pagar.


Tanaman bunga pukul empat ini sanggup dijumpai di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak menerima sinar matahari.


Selain indah, bunga pukul empat ini juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Kandungan berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak sanggup dipakai sebagai obat pelancar sirkulasi darah dan peluruh air seni (diuretik). Selain itu, bunga ini sanggup meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, watu ginjal, watu empedu, dan kencing manis, sanggup mengatasi keputihan, tapi perempuan hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat


Persiapan Media Tanam Bunga Pukul Empat


Bunga pukul empat sanggup ditanam pribadi ditanah maupun memakai media pot/polybag. Syarat tumbuh bunga pukul empat yaitu:



  • Lokasi tanam terpapar sinar matahari secara pribadi minimal 4 jam dalam sehari.

  • Media tanam yang dipakai mempunyai kandungan hara yang cukup untuk pertumbuhan tumbuhan bunga pukul empat.

  • Tanah yang dipakai cukup gembur dan mempunyai pH normal.

  • Memiliki kandungan air yang cukup.


Apabila menanam bunga pukul empat dalam pot atau polybag, maka sebaiknya media tanam yang dipakai yaitu adonan tanah dengan arang sekam semoga lebih gembur.


Jika media tanam telah dipilih, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan diameter sekitar 20 cm dan kedalaman sekitar 20-30 cm. Kemudian, lakukan pemupukan dasae dengan memakai pupuk organik berupa kompos/pupuk sangkar yang telah difermentasi menjadi bokashi padat. Setiap lubang diberi pupuk dasar minimal seperlima lubang, jikalau mau sanggup ditambahkan pula pupuk NPK. Setelah pemupukan dasar, tutup kembali lubang tanam dan biarkan sampai pupuk terserap dengan sempurna.


Penanaman Bunga Pukul Empat


Bunga pukul empat sanggup diperbanyak dengan cara generatif yaitu melalui bijinya. Biji tersebut sanggup pribadi ditanam pada media yang sudah disiapkan sebelumnya tanpa harus disemai terlebih dahulu.


Benih ini membutuhkan waktu agak usang untuk tumbuh. Jaga media tanam semoga cukup basah, jangan terlalu lembap alasannya sanggup menciptakan biji membusuk dan gagal tumbuh. Setelah biji bunga pukul empat tumbuh, lakukan perawatan.


Perawatan Bunga Pukul Empat


Pada demam isu penghujan tak perlu melaksanakan penyiraman sedangkan di demam isu kemarau, tumbuhan lebih intens disiram sekitar 2 hari sekali. Pemupukan susulan tidak diharapkan jikalau dilihat pertumbuhan tumbuhan sudah cenderung subur, jikalau tidak maka sanggup diberi pupuk organik cair.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul Empat Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel