Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses – Tanaman empon-empon merupakan sekumpulan akar tumbuhan yang menjadi rempah dan berperan penting dalam perawatan kesehatan. Empon-empon juga dikenal sebagai bumbu dapur.


Conth tumbuhan yang termasuk empon empon diantaranya yaitu jahe, kencur, kunyit dan lain sebagainya. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, tumbuhan empon-empon juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Jamu khas Indonesia memakai tumbuhan empon-empon sebagai salah satu bahannya.


Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Bagi Pemula


Persiapan Media Tanam Tanaman Empon-Empon


Media tanam yang sanggup dipakai untuk menanam tumbuhan empon-empon yaitu adonan tanah , pasir juga pupuk organik atau pupuk kandang.


Pastikan tanah yang dipakai ialah tanah yang gembur dan subur. Tanah yang gembur yaitu tanah yang mempunyai komposisi tanah liat, pasir dan bubuk secara seimbang. Sedangkan tanah yang subur yaitu tanah yang mengandung unsur hara yang kaya.


Pastikan pasir yang dipakai ialah pasir yang mengandung tanah liat, pastikan juga pupuk sangkar yang dipakai ialah pupuk sangkar yang telah difermentasi biar gampang diserap tumbuhan empon-empon.


Pembibitan Tanaman Empon-Empon


Pilihlah tumbuhan empon-empon yang sudah renta dan sehat untuk dijadikan bibit yaitu tumbuhan empon yang mempunyai pertumbuhan baik dan tidak terdapat penyakit. Daun tidak terjangkit hama, akar tumbuh simetris dan tumbuhan tampak lebat.


Penanaman Tanaman Empon-Empon


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit tumbuhan empon-empon pada media tanam yang telah dipilih dengan menciptakan lubang tanam untuk bibit tanaman.


Ini juga sanggup dilakukan dengan menanam empon empon di polybag dan pot. Lubang dibentuk diadaptasi dengan ukuran bibit tumbuhan tersebut. Setelah itu, tutup kembali lubang tersebut kemudian sedikit padatkan. Jangan lupa lakukan penyiraman biar bibit tumbuhan tidak kekurangan air untuk pertumbuhanya.


Pemeliharaan Tanaman Empon-Empon


Perawatan yang dilakukan pada tumbuhan empon-empon biar tumbuh maksimal diantaranya yaitu penyiraman secara teratur, pemupukan dan pencegahan serta penanganan hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan empon-empon. Selain itu,jika media tanam terlihat terlalu padat, maka lakukan penggemburan.


Pemanenan Empon-Empon


Masa panen rata-rata tumbuhan empon-empon yaitu sekitar 10 bulan tapi bergantung pada jenis tumbuhan empon-empon yang ditanam.


Ciri-ciri tumbuhan empon-empon yang siap dipanen yaitu tumbuhan yang sudah melewati masa mengering yakni daun dan batangnya sudah menguning.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Empon-Empon Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel