Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula – Aglaonema lipstik (Aglaonema sp) atau aglaonema siam aurora merupakan salah satu jenis tumbuhan hias daun aglaonema yang mempunyai ciri khas warna dasar daun hijau pada bab tengah dan pada tepi daun berkombinasi warna merah ibarat dipakaikan lipstik.


Karena warna daunnya yang cantik, banyak pecinta tumbuhan hias menanam bahkan membudidayakannya. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara menanam dan merawat tumbuhan aglaonema lipstik:


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik


Cara Menanam Aglaonema Lipstik


Tanaman hias aglaonema lipstik sanggup ditanam secara generatif melalui biji atau sanggup juga secara vegetatif melalui stek cangkok, dan anakan.


Menanam Aglaonema lipstik dari bijinya

Untuk mendapatkan tunas gres dari biji tumbuhan aglaonema lipstik ini, maka kalian harus menentukan biji Aglaonema lipstik yang berasal dari tumbuhan yang sudah cukup tua. Jika biji sudah di dapatkan, rendam biji tersebut sekitar 2-3 jam untuk mempercepat proses perkecambahannya.


Menanam aglaonema lipstik dengan stek

Caranya, ambil pucuk indukan aglaonema yang sudah cukup renta dan kokoh. Sisakan setidaknya 5 lembar daun biar indukan tetap bertahan hidup.


Selanjutnya, tanam pucuk indukan tersebut pada media tanam yang sudah disediakan, letakkan pada daerah yang teduh. Kelemahan teknik tanam ini yaitu indukan yang dipotong pucuknya akan tumbuh bercabang.


Menanam aglaonema lipstik dengan cangkok

Pilih indukan yang kokoh dan batangnya telah berwarna cokelat. Daun pada batang ini bisanya telah rontok sendiri atau rontok ketika mendapatkan sedikit sentuhan. Kemudian, kupas batang pohon sampai terlihat bab putihnya.


Setelah itu, lapisi batang yang terkelupas tadi dengan sekam, pasir malang, humus, serta pakis dengan komposisi 1 : 5 : 2 : 2. Tutup plastik yang sudah diberi lubang sirkulasi udara. Semprot plastik ini 2 kali sehari sampai 3-4 ahad atau tumbuhan aglaonema gres telah siap.


Menanam aglaonema lipstik melalui anakan

Anakan yang sudah sanggup diambil untuk ditanam kembali yaitu anakan yang sudah mempunyai daun mekar atau tidak lagi tergulung. Potong bab akar sambungnya dan tancapkan anakan tersebut pada media tanam yang baru.


Cara Merawat Aglaonema Lipstik


Sediakan media tanam yang tepat

Media tanam yang tepat untuk menanam aglaonema lipstik yaitu media tanam dengan tingkat pH netral atau berkisar antara 6-7. Sebagai campurannya, sanggup gunakan kompos daun yang dibentuk sendiri dengan cara menciptakan pupuk kompos dari sampah organik dan pasir (3:1). Karena umumnya aglaonema lipstik ditanam di pot, maka pertama susun watu bata atau cuilan genting di dasar pot. Lalu isi dengan media tanam yang sudah disiapkan tadi.


Intensitas penyiraman

Tanaman aglaonema lipstik tidak menyukai media tanam yang telalu berair atau juga terlalu kering. Untuk itu, lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan media tanam. Usahakan air yang air yang digunakan higienis dan bebas dari kaporit.


Pemupukan aglaonema

Pemupukan yang ideal diberikan dalam kurun waktu tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk khusus tumbuhan hias jenis daun-daunan. Bisa juga memperlihatkan pupuk alami berupa air cucian beras. Kocorkan pupuk tersebut pada media tanamnya dan bukan pada daun atau batang tanaman.


Penempatan aglaonema

Tanaman aglaonema kurang menyukai sinar matahari yang teralu banyak. Untuk itu, letakkan pot pada daerah yang teduh atau terlindung dari sinar matahari. Tanaman ini sanggup diletakkan di teras rumah, atau di dalam ruangan yang erat dengan saluran cahaya serta bersirkulasi udara lancar.


Merawat daun aglaonema

Lakukan perawatan pada daun-daun aglaonema biar tampil mengkilat, cantik, dan sempurna. Untuk itu, siapkan alat dan materi ibarat spons halus, susu bubuk, ampas kelapa, dan air. Caranya yaitu:



  • Melapisi daun Aglaonema dengan air: Basahi spons dengan air bersih, bila ada air sumur maka pakai air sumur tersebut. Lap suluruh bab daun dengan menggunakan spons berair tersebut, maka daun aglaonema akan terlihat higienis dan mengkilat.

  • Melapisi daun Aglaonema dengan susu: Celupkan spons pada larutan susu yang dicampur dengan air tersebut, lapisi daun dengan larutan tersebut maka kalian akan mendapati daun-daun aglaonema tumbuh subur. Tambahkan pula fungisida pada tumbuhan ketika melapisi daun Aglaonema dengan susu. Sisa-sisa susu tersebut biasanya akan mengundang bakteri.

  • Melapisi daun dengan ampas kelapa: Olesi daun aglaonema dengan ampas kelapa juga akan menciptakan daun-daunnya mengkilat dan subur.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Aglaonema Lipstik Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel