Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses – Kepiting air tawar atau yang sering disebut dengan yuyu merupakan salah satu jenis kepiting yang banyak ditemukan di parit, persawahan atau sekitar lahan becek. Ciri-ciri kepiting air tawar mempunyai ujung kaki yang lancip, tempurung punggung berwarna coklat kehitaman sampai ungu gelap, mempunyai lekukan ibarat bekas injakan tapak kuda dan pada bab tepinya terdapat duri-duri kecil.


Cara Budidaya Kepiting Air Tawar


Persiapan Lokasi dan Lahan Budidaya Kepiting Air Tawar


Pilih lokasi yang tepat, hindari lahan yang menjadi langganan banjir dan jauh dari polusi udara yang berlebihan.


Cangkul tanah pada lahan yang telah dipilih sedalam 20-30 cm. Setelah itu, biarkan lahan terkena sinar matahari selama sekitar 5-7 hari semoga gas beracun dalam tanah hilang. pH tanah yang dipakai untuk membudidayakan kepiting air tawar ialah 7-8 dengan kedalaman 0,8-1 meter dengan kondisi berlumpur.


Berikan pagar pembatas berupa plastik tebal sepanjang kolam semoga kepiting air tawar tidak kabur. Sistem budidaya yang dipakai untuk membudidayakan kepiting air tawar sanggup berupa sistem keramba apung atau sistem kurungan.


Sistem Keramba Apung

Sistem ini dibentuk dengan merangkai bilah bambu yang disusu sedemikian rupa sehingga membentuk kotak pipih dengan ukuran yang diubahsuaikan dengan lahan yang dimiliki.


Sistem Kurungan

Dengan memakai sistem ini maka diharapkan bambu berdiameter 1-2 cm dan panjang sekitar 1-1,7 meter. Kemudian, bilah bambu di rangkai dengan baik dengan cara ditancapkan pada tanah sedalam 30 cm.


Pemberian Air Berkualitas Pada Kolam


Gunakan air yang bebas dari polusi, dalam keadaan segar dan juga bersih. Jaga kebersihan kolam dengan cara melaksanakan pergantian air minimal setiap seminggu sekali.


Cara Penebaran Benih Kepiting Air Tawar


Proses penebaran benih kepiting air tawar sanggup dilakukan dengan cara tradisional ialah dengan cara memasukkan benih di tepi kolam. Kepadatan tebar kepiting air tawar yang ideal ialah 20 ekor per m2.


Proses Penggemukan Kepiting Air Tawar


Penggemukan kepiting air tawar ini sanggup dilakukan dalam jangka waktu sampai 10 hari untuk meminimalkan mortalitas akhir perkelahian antara kepiting jantan dan betina.


Pemberian Pakan Kepiting Air Tawar


Pada ketika penggemukan, takaran santunan pakan yang diberikan ialah 5-15% dari jumlah kepadatan kepiting air tawar. Sedangkan untuk puncak pembesarannya, yuyu membutuhkan takaran pakan embel-embel sebanyak 5 % saja. Namun ketika yuyu hendak bertelur, maka makannya pun akan berkurang.


Pakan yang sanggup diberikan sanggup berupa ikan rucah, usus ayam, kulit sapi atau kambing, cacing, siput dan keong sawah.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Air Tawar Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel