Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen

Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen – Labu merah yakni salah satu jenis labu dari genus Cucurbita moschata ini, mempunyai indeks glikemik (GI) yang sangat rendah. Makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk itu, labu merah elok sekali untuk penderita diabetes. Khasiat labu merah juga bisa memperbaiki fungsi pankreas.


Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula


Persiapan Lahan Tanam Labu Merah


Lahan yang akan dipakai untuk menanam labu merah dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya.


Setelah itu, gemburkan tanah dengan cara dicangkul sebanyak 2-3 kali. Jika pH tanah terlalu asam maka lakukan pengapuran dengan memakai dolmit sampai pH menjadi 6-8.


Selanjutnya, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang. Setelah itu, buatlah bedengan setinggi 40-50 cm kemudian buatlah lubang tanam sedalam 5-7 cm dengan jarak 50 cm sampai 1 m.


Persiapan Bibit Labu Merah


Benih labu merah sanggup diperoleh dengan membelinya di toko pertanian atau bisa juga mendapatkannya dari buah labu merah yang sudah tua, binya dikeluarkan kemudian dijemur sampai kering selama sekitar 1-2 hari. Jika sudah kering, pilih biji yang utuh kemudian rendam dalam air selama 2 menit.


Kemudian, semaikan benih pada media berupa tray budidaya ataupun polybag yang diisi dengan tanah dan pupuk dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, taburkan benih di atas media pembibitan dan tutup permukaan memakai tanah biasa.


Letakkan media pada ruangan dengan pencahayaan tidak pribadi semoga benih bisa tumbuh cepat. Lakukan penyiraman secara teratur memakai spray apabila tanah mulai mengering.


Penanaman Labu Merah


Setelah bibit mempunyai ketinggian 5 cm- 7 cm, maka bibit labu merah sanggup dipindahkan pada lahan tanam. Pertama, pisahkan bibit labu dengan media pembibitan dengan cara menggoyangkan tumbuhan secara perlahan semoga akarnya terlepas. Tanam bibit dalam lubang tanam yang telah anda buat. Dalam satu lubang hanya boleh diisi dengan satu tumbuhan saja.


Setelah selesai, tutup kembali lubang tanam dan sedikit padatkan tanah di sekitarnya semoga tumbuhan sanggup bangun kokoh.


Cara Merawat Labu Merah


Untuk penyiraman, tidak perlu khawatir alasannya tidak perlu menyiram lahan tanam setiap hari. Penyiraman sanggup dilakukan kalau dibutuhkan, artian kalau lahan benar- benar kering.


Lakukan pemupukan setiap ahad sekali memakai pupuk sangkar ataupun kompos. Lakukan pula penyiangan dan pencucian lahan juga harus dilakukan setiap hari semoga lahan higienis dan tumbuhan tidak gampang terkena penyakit. Selain itu, lakukan pemangkasan dan pembuangan daun renta pada tumbuhan semoga buah sanggup tumbuh dengan baik.


Masa Panen Labu Merah


Labu sanggup dipanen dengan cara memotong tangkainya memakai pisau maupun gunting. Pemanenan labu sudah sanggup dilakukan sehabis labu memasuki bulan ke 3-6 dengan ciri kulit buah mengkilap dan halus.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Merah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel