Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Parang Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen

Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Parang Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen – Labu bendo atau labu kuning ialah salah satu jenis labu yang mempunyai buah yang berwarna orange kemerahan yang kaya akan kandungan zat karotenoid dan beta karoten didalamnya. Daging labu bendo ini mempunyai tekstur sangat lembut dan mempunyai rasa sedikit manis.


Selain banyak ditemui di Indonesia, labu bendo ini banyak ditemukan di beberapa Negara Eropa sampai Amerika apalagi bila saatnya datang perayaan Halloween.


Labu bendo sering dimasak kuah dan dicampur dengan ikan di beberapa kawasan di Indonesia. Selain itu, labu bendo biasa dipakai sebagai adonan dalam pembuatan soup, bubur, dan roti. Sedangkan di luar negeri, labu bendo biasa dijadikan sebagai dekorasi dalam program Halloween.


Kandungan nutrisi yang ada di labu bendo diantaranya betakaroten, vitamin C, serat, kalori, karbohidrat, vitamin B, zinc, zat besi, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kandungan gizi tersebut, labu bendo ini mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu menjaga kesehatan mata, mengatasi hipertensi (darah tinggi), menurunkan kolesterol, menghaluskan dan mencerahkan kulit dan lain sebagainya.


Cara Budidaya Labu Parang Bagi Pemula


Persiapan Bibit Labu Parang


Benih labu bendo sanggup diperoleh dengan cara membeli ataupun mendapat eksklusif dari buahnya.

Jika diambil eksklusif dari buah labu, pilihlah labu yang sudah sangat renta dan keringkan bijinya. Setelah biji labu kering, lakukan uji kelayakan budidaya.


Jika benih sudah siap, selanjutnya rendam biji selama 3 menit di dalam air dan buang biji yang mengapung di permukaan. Setelah itu, biarkan biji terendam kurang lebih 25-30 menit untuk selanjutnya disemaikan.


Penyemaian Bibit Labu Parang


Setelah bibit direndam, siapkan media berupa polybag atau tray berisi tanah bercampur pupuk dengan perbandingan 3: 1. Setelah itu, tebarkan biji pada media semai dan tutup permukaan biji memakai tanah biasa. Jaga kelembaban tanah dengan menyemprotkan air secukupnya sampai benih tumbuh setinggi 5cm- 7cm.


Persiapan Lahan Tanam Labu Parang


Pastikan lahan tanam yang akan dipakai untuk menanam labu bendo tidak banyak ditumbuhi pohon besar. Jika lahan terlalu lembab, mak sebaiknya lakukan pengeringan lahan terlebih dahulu.


Lakukan penggemburan tanah lahan dengan cara dicangkul atau dibajak. Jika pH tanah pada lahan tanam yang akan dipakai tidak dalam kisaran 5-8 maka lakukan pengapuran terlebih dahulu.


Setelah itu, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang. Jika sudah, buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5-8 cm dengan jarak antar lubang yaitu sekitar 3 cm.


Penanaman Bibit Labu Parang


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Ambil bibit labu bendo dari persemaian kemudian masukkan 2-3 bibit tumbuhan labu bendo ke dalam setiap lubang dan tutup kembali lubang tanam dengan tanah disekitarnya.


Perawatan Labu Parang


Penyiraman sanggup dilakukan dengan melihat kondisi lahan tanam, bila tanah mengering maka lakukan penyiraman secukupnya saja alasannya ialah labu bendo tidak terlalu menyukai air.


Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya sesering mungkin bila perlu setiap hari untuk menciptakan tumbuhan labu makin subur.


Lakukan pemupukan sanggup dilakukan seminggu sesudah masa tanam setiap 2 ahad sekali. Lakukan pula pemangkasan untuk meregenerasi dan menciptakan buah labu mempunyai ukuran lebih besar ketika tumbuhan berumur 3- 6 minggu. Jangan lupa buang daun- daun labu yang sudah renta dan tidak produktif.


Untuk mengatasi hama belalang dan ulat pada tumbuhan labu secara alami, maka sanggup menyemprotkan air temulawak, cabe, merica, dan jahe.


Masa Panen Labu Parang


Labu bendo sanggup dipanen sesudah berumur 3- 4 bulan sesudah masa tanam. Perhatikan kulit buah labu, labu yang siap panen mempunyai tekstur halus dan mengkilap. Pemanenan labu bendo ini sanggup dilakukan memakai pinjaman alat ibarat pisau ataupun gunting khusus.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Parang Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Labu Parang Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel