Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen – Bunga seruni atau juga dikenal sebagai bunga krisan atau krisantemum ialah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tumbuhan hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur dan merupakan bunga nasinal Jepang.


Bunga seruni merupakan bab dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang meliputi majemuk jenis Chrysanthemum. Karena aromanya yang bacin , bunga seruni sering di tambahkan ke dalam teh supaya lebih bacin dan nikmat.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Seruni

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Bangsa: Anthemideae

Genus: Chrysanthemum.


Bunga seruni ini sanggup ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tapi jikalau ditanam di dataran rendah, maka kelopak bunga yang di hasilkan berukuran kecil dan warna bunganya tidak secerah jikalau di tanam di dataran tinggi.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula


Persiapan Bibit Bunga Seruni


Perbanyakan bunga seruni sanggup dilakukan melalui biji maupun melalui stek pucuk, tapi disarankan pilih bibit stek alasannya ialah cara ini gampang dan mempunyai tingkat keberhasilan tinggi. Ciri bibit stek bunga seruni yang berkualitas, diantaranya yaitu:



  • Stek tumbuhan berasal dari tumbuhan indukan yang sehat dan varietas yang jelas.

  • Stek pucuk tumbuhan harus dalam keadaan segar dan tidak layu.

  • Tidak ada luka pada setiap bab stek baik daun maupun batangnya.

  • Daun stek berwarna hijau cerah dan mengkilap.

  • Batang stek masih berair dan mempunyai kandungan air yang banyak.

  • Setelah bibit stek yang diperoleh, sebaiknya simpan bibit di kawasan yang cuek dengan temperatur suhu ruang.


Cara Menanam Stek Bunga Seruni


Jika bibit sudah siap, tanamkan bibit stek tersebut ke tray semai. Caranya yaitu siapkan tray semai dengan bab bawah berlubang. Setelah itu, isi tray semai denga media tanam berupa arang sekam sampai penuh dan padat.


Selanjutnya, buatlah lubang tanam sedalam 0,5 cm dengan jarak antar lubang 5×5 cm. Sebelum di tanam sebaiknya bibit stek di rendam dalam larutan fungisida dengan takaran 5g/l selama 15-20 menit. Setelah itu, kering anginkan sebentar, kemudian oleskan hormon auksin pada bab batang bawah untuk merangsang pembentukan akar. Jika sudah, masukkan bibit stek kedalam lubang tanam kemudian tutup dan ratakan kembali lubang tanam.


Setelah selesai, siram tray semai dengan air higienis secukupnya kemudian letakkan tray semai pada kawasan yang teduh. Setelah 2 minggu, tumbuhan bunga seruni sanggup dipindahkan ke lahan tanam.


Persiapan Lahan Tanam dan Pemindahan Bibit Bunga Seruni


Setelah tumbuhan berumur 2 ahad maka tumbuhan sanggup dipindahkan ke lahan tanam yang sebenarnya. Tapi sebelumnya, sebaiknya lahan tanam sudah siap minimal 1 bulan sebelum tumbuhan di pindahkan.


Pengolahan lahan tanam bunga seruni dilakukan dengan mengemburkan tanah dengan cara dicangkul. Setelah itu, buatlah bedengan dengan ukuran panjang sekitar 3-5 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Setelah bedengan siap, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk sangkar harus sebanyak 5-7 kg di bab permukaan bedangan.


Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada bedengan dengan jarak antar lubang tanam 25 x 25 cm. Agar posisi lubang tanam lurus, gunakan pertolongan tali


Jika lubang tanam sudah siap, selanjutnya tanam bibit bunga seruni dalam lubang tanam. Pilih bibit bunga seruni yang sehat. Tutup lubang tanam dan taburan pupuk sangkar halus lagi kemudian lakukan penyiraman secukupnya.


Pemeliharaan dan Perawatan Bunga Seruni


Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari tergantung kondisi cuaca dan media tanam. Sebaiknya penyiraman ini dilakukan dengan memakai gembor atau selang.


Agar nutrisi yang diharapkan tumbuhan bunga seruni terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik yaitu adonan pupuk sangkar dan tanah pada awal penanaman, selain itu sanggup juga dengan memakai pupuk kimia menyerupai pupuk urea, ZA, SP, KCL, KNO3.


Pupuk anorganik di berikan secara bertahap, sedangkan urea dan ZA di berikan pada ketika tumbuhan berumur 3-4 ahad sesudah tanam. SP dan KCL diberikan pada ketika tumbuhan memasuki masa akan berbunga.


Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan bunga seruni, bersamaan dengan penyiangan, lakukan pembubunan supaya akar yang muncul ke permukaan tanah tertutup kembali.


Masa Panen Bunga Seruni


Pemanenan atau pemetikan bunga seruni sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berumur 4-5 bulan sesudah tanam. Cara pemetikan atau pemanenan bunga seruni yaitu potong tangkai bunga yang belum mekar tepat atau masih setengah mekar sepanjang 30-40 cm. Setelah pemetikan, masukkan ke ruangan yang sejuk dan cuek supaya kesegarannnya tetap terjaga. Pemanenan bunga seruni ini sebainya dilakukan pada sore hari yaitu sekitar pukul 5-6 sore.


Demikian pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Seruni Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel