Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses – Belibis (Dendrocygna) merupakan sejenis unggas yang mempunyai bunyi indah ibarat sebuah siulan yang panjang. Di alam bebas, burung angsa ini hidup bebas dan gemar berada di lingkungan yang basah.


Klasifikasi Ilmiah Burung Belibis

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Subfamili: Dendrocygninae

Genus: Dendrocygna


Burung angsa mempunyai bulu kecoklatan. Burung angsa ini banyak dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Berikut cara ternak burung belibis:


Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula


Pemilihan Lokasi dan Kandang Budidaya Burung Belibis


Lokasi yang dipilih untuk ternak burung angsa yaitu area di sekitar pinggiran sungai atau sanggup juga dengan alternatif menyediakan bak disekitar kandang, mengingat di habitat aslinya burung angsa menyukai wilayah berair.


Kandang burung angsa dibentuk dengan ukuran sekitar 10×6 meter dengan memakai materi kayu atau bambu yang penting tahan usang dan kuat. Dalam sangkar nantinya, disediakan daerah makan dan minum bagi burung belibis.


Pemilihan Bibit Burung Belibis


Bibit burung angsa sanggup diperoleh dengan mencarinya di alam bebas atau membelinya di peternak yang menyediakannya. Minimal siapkan 3 pasang burung angsa jikalau ingin membudidayakannya. Pilih bibit yang sehat, tidak ada cacat, mempunyai nafsu makan tinggi dan juga aktif.


Cara Mengkawinkan Burung Belibis


Karena merupakan salah satu binatang setia, satu ekor jantan burung angsa hanya akan mengawini satu ekor betina yang telah menjadi pasangannya. Cara mengawinkan burung angsa gampang saja, dekatkan jantan dan betina maka ia akan berkawin dengan sendirinya.


Masa Bertelur dan Pengeraman Telur Burung Belibis


Burung angsa cukup umur yang telah berkawin sanggup menghasilkan telur selama tiga kali dalam setahun dan setiap bertelur menghasilkan 7-9 butir telur. Hal ini terjadi alasannya yaitu burung angsa menyukai masa-masa tertentu untuk kawin dan di animo kawin tersebut jantan dan betina yang telah berpasangan akan mendekat secara refleks dan berkawin. Burung angsa akan mengerami telurnya selama 21 hari.


Makanan Burung Belibis


Pakan yang sanggup diberikan pada burung angsa yang gres menetas yaitu ikan-ikan kecil supaya nutrisinya bertambah dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, berikan pula Berikan multivitamin dari materi alami ibarat madu atau kunyit untuk menjaga kesehatan dan menjaga kehangatan tubuhnya, cukup berikan secara terpola sebanyak seminggu sekali dengan cara dicampurkan dengan air minumnya.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Belibis Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel