Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses – Merpati kipas atau merpati ekor kipas yaitu salah satu jenis burung merpati yang mempunyai ciri khas yang unik yaitu ekornya yang mempunyai bentuk menyerupai kipas. Sekarang ini, burung merpati kipas juga semakin diminati banyak orang lantaran harga jualnya yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu lahan bisnis.


Cara Ternak dan Merawat Burung Merpati Kipas


Persiapan Kandang Ternak Burung Merpati Kipas


Ada beberapa sistem sangkar yang sanggup dipilih untuk membudidayakan burung merpati hias ini diantaranya yaitu:


Kandang baterai, yaitu sangkar khusus yang dibentuk untuk sepasang burung merpati hias dengan ukuran minimal 90 cm x 50 cm x 50 cm. Kelebihan sistem sangkar baterai ini yaitu sanggup lebih menghemat daerah lantaran sanggup disusun, mempermudah pengontrolan ketika ada merpati hias yang sakit, menghindari menduakan antar pasangan dan tidak bertengkar dengan pasangan lain.


Kandang koloni, yaitu sistem sangkar dengan ukuran besar sehingga semua burung merpati hias sanggup dipelihara dalam satu sangkar saja. Kelebihan sistem sangkar ini yaitu lebih efisien dalam segi waktu dan juga menghemat tenaga dalam perawatan.


Kandang umbaran, yaitu sistem sangkar dengan cara burung merpati kipas dilepas pada alam terbuka. Kelebihan sistem sangkar ini yaitu sanggup lebih menghemat pakan dan tenaga.


Jika sangkar sudah siap, siapkan perlengkapan lainnya dalam sangkar menyerupai wadah pakan, wadah minum dan sarang untuk megerami telur.


Makanan Dan Minum Burung Merpati Kipas


Pakan yang sanggup diberikan pada burung merpati kipas diantaranya yaitu jagung, beras merah, kacang merah, pur atau BR atau konsentrat berbentuk biji dan milet putih.


Bisa juga diberi pakan penunjang berupa vitamin dari sayur dan buah berupa wortel yang sudah dihaluskan, kangkung, selada dan juga bayam. Selain itu sanggup diberikan kecambah dan juga pepaya. Selain itu, sediakan juga batu kecil untuk mempermudah penghancuran masakan bernafsu dalam perut burung dan juga sebagai asupan mineral.


Sedangkan minum sanggup diberikan sebanyak 2 kali sehari dan pastikan air higienis serta terbebas dari materi kimia.


Proses Bertelur Burung Merpati Kipas


Biasanya, merpati kipas akan melaksanakan perkawinan sehabis membangun sarang untuk bertelur, indukan akan mencari jerami dan dedaunan kering untuk menciptakan sarang.


Merpati kipas akan bertelur sebanyak 1-2 butir telur dan telur akan menetar sekitar 18 hari kemudian. Selama proses pengeraman, maka sediakan pakan bersahabat dengan sangkar burung semoga induk sanggup tetap fokus untuk mengerami telurnya.


Perawatan Anakan Burung Merpati Kipas


Anakan yang sudah menetas akan pribadi diberikan makan oleh induk sehingga induk mmbutuhkan pelengkap tambahan baik jantan maupun betina. Masa ini akan berlangsung selama 6-7 minggu.


Beberapa kebutuhan nutrisi tambahan yang harus diberikan pada induk diantaranya gandum (34%), beras (2%), kacang tanah (5%), milet (9%), jagung (50%), birdvit dan birdmineral. Semua materi tersebut dicampurkan sampai menjadi bubur kemudian berikan sebanyak 3-4 kali sehari sampai anakan berumur 1 bulan. Jika anakan sudah sanggup makan sendiri, maka cukup diberikan 2 kali sehari dan kurangi kadar air sampai anakan sanggup makan masakan kering.


Mempercepat Produksi Indukan Merpati Kipas


Untuk mempercepat produksi indukan merpati kipas, maka pengasuhan anakan sanggup dibantu insan sehingga indukan sanggup bereproduksi kembali. Peralihan masa pengasuhan ini sanggup dilakukan ketika anakan berumur 15-30 hari dan akan dilakukan insan sampai anak berumur 1 bulan.


Menjaga Kesehatan Burung Merpati Kipas


Agar burung merpati kipas tidak gampang terjangkit penyakit maka, bersihkan sangkar 1 kali seminggu dari kotoran burung, sisa pakan dan juga bulu yang rontok secara teratur semoga kuman atau kuman tidak berkembangbiak dalam kandang. Selain itu, semprot sangkar dengan desinfektan 1 kali seminggu semoga steril dan terbebas dari kuman, kuman dan virus. Desinfektan sanggup juga disemprotkan pada badan burung semoga lebih sehat.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel