Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dari Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dengan Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses – Maggot atau larva merupakan binatang yang hidup dari bungkil kelapa sawit. Pengembangan maggot ini dilakukan dengan santunan lalat bunga berjulukan Black Soldier (Hermetia illucens). Lalat jenis ini merupakan lalat bunga yang mempunyai sifat menghisap madu bunga dan mengkonsumsi bungkil kelapa secara bergerombol. Hewan tersebut dapat ditemukan pada materi organik yang sudah membusuk menyerupai bangkai, buah, sayur mayur yang rusak atau yang lainnya.


Maggot mempunyai kadar protein yang tinggi yakni sekitar 43% dan kalau sudah dijadikan pakan dalam bentuk pelet maka kadar proteinnya menjadi sekitar 30-40%. Karena kadar protein yang tinggi, banyak orang yang melaksanakan ternak maggot ini untuk pakan ikan.


Kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya maggot dengan ampas tahu, berikut cara selengkapnya:


Cara Budidaya Maggot Dengan Ampas Tahu Bagi Pemula


Persiapan Alat dan Bahan Budidaya Maggot


Siapkan alat dan materi menyerupai bejana besar atau bak, plastik, tali dan juga ampas tahu sebagai media utama.


Jika semua sudah siap. Buatlah beberapa lubang kecil di bejana atau kolam berukuran sekitar 1-2 cm dengan jarak yang tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jauh. Jika sudah, selanjutnya basuh ember/bak.


Gunakan bejana atau kolam yang tinggi biar hasil panen maksimal alasannya yaitu belatung hanya akan melekat di bab permukaan saja. Siram bejana maupun kolam tersebut dengan air panas biar higienis dari banyak sekali jenis bakteri. Kemudian siapkan banyak sekali materi lain menyerupai tali dan ampas tahu. Tali dipakai untuk menggantung bejana yang menjadi wadah belatung tersebut. Ini dilakukan biar mengundang lalat dan lebih gampang dalam proses beternak.


Pembiakan Lalat


Untuk menghasilkan maggot maka perlu disiapkan indukan yang berupa lalat. Untuk memikat lalat masuk dalam kolam atau bejana yang sudah disiapkan maka campurkan ampas tahu denngan sedikit ikan asin.


Biarkan lalat bebas mengerumuni ampas tahu biar larva dapat tumbuh dalam kolam atau bejana yang telah disiapkan sebelumnya. Biasanya dalam beberapa hari maggot akan mulai muncul.


Panen Maggot


Biasanya sehabis telur-telur lalat diletakkan maka akan menetas menjadi larva sehabis 6-7 hari berikutnya. Setelah 7 hari maka maggot akan mulai terlihat. Setelah terlihat, maka maggot tersebut dapat eksklusif dipanen. Biasanya akan di butuhkan waktu sekitar 2 ahad dari awal proses pembuatan alat sampai panen. Biasanya pemanenan maggot dilakukan secara manual memakai jebakan manggot biar lebih mudah.


Demikian pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dari Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinga kami berikutnya.Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot Dari Ampas Tahu Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel