Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Vinca (Catharanthus roseus) merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari Madagaskar. Tanaman vinca biasanya disebut vinca gantung untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias depan rumah.


Tanaman bunga vinca gantung merupakan tumbuhan yang tahan panas dan juga sanggup tumbuh dengan baik. Ada banyak warna bunga vinca ini, selain alasannya ialah indah, bunga ini tidak gampang terjangkit penyakit dan tumbuh dengan tegak juga bisa menggantung.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula


Cara Menanam Bunga Vinca Gantung


Bunga vinca gantung sanggup ditanam melalui semai biji benih atau stek batang. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara menanam bunga vinca gantung melalui biji, berikut selengkapnya:



  • Pertama, siapkan kawasan tanam, tanah, kompos, kawasan penyemaian dan bekas air mineral.

  • Selanjutnya, berikan lubang pada media semai g biar air bisa mengalir keluar.

  • Sebaiknya kukus dan berikan fura dan 3GR untuk mengantisipasi adanya serangga atau hama yang bisa menghambat proses persemaian.

  • Kemudian, rendam biji vinca dengan air hangat selama sekitar 2 jam atau bisa juga eksklusif untuk menanamnya.

  • Siapkan wadah untuk menampung media semai sekitar ¾ bagiannya.

  • Setelah itu, tempatkan biji vinca dalam media semai dengan kedalaman kira-kira sekitar 0,5 cm, kemudian beri lagi satu lapisan tanah diatas biji vinca.

  • Setelah penemaian, lakukan penyiraman pada biji semai dengan memakai sprayer biar tidak merusak media persemaian kemudian tutup media semai dengan plastik untuk memastikan media semai (optional).

  • Benih akan tumbuh sesudah sekitar 7 hari untuk biji vinca. Jika sudah terlihat tumbuh, lepas tutup plastik apabila biji vinca ditutupi.

  • Lakukan penyiraman secara rutin dengan memakai sprayer dan juga perhatikan jumlah tumbuhan vinca gantung muda. Jika jumlah daunnya sudah mencapai 4 daun maka bisa dipindahkan ke kawasan yang lebih besar. Jika sudah dipindahkan, selanjutnya lakukan pemupukan juga proses pemangkasan untuk memperindah dan menciptakan bunga vinca gantung lebih baik.


Proses Pitching dan Pruning Bunga Vinca Gantung


Proses pitching dan pruning yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:


Perhatikan jumlah daun apakah sudah mencapai 6 buah daun, kalau sudah maka buang setidaknya 2 bab daun paling atas. Setelah itu biarkan biar 2 cabang pada tumbuhan tersebut tumbuh. Untuk merangsang lebih banyak pertumbuhan cabang maka buang kembali 2 daun. Jika tumbuhan sudah terlihat cukup umur maka lakukan pemangkasan secara teratur biar lebih manis dan rapi.


Pemupukan Bunga Vinca Gantung


Agar nutrisi yang diharapkan tumbuhan bunga vinca gantung terpenuhi maka lakukan pemupukan secara teratur. Pemupukan ini sanggup dilakukan dengan memakai pupuk NPK dengan takaran sekitar1 sdt/ pot tumbuhan dengan catatan berdiameter sekitar 15 cm.


Bunga akan muncul sekitar 6 ahad kalau terlalu banyak cabang maka sebaiknya buang. Selanjutnya lakukan pemupukan secara rutin setiap 3 bulan sekali.


Demikian artikel wacana “Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel