Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses – Gelatik belong atau gelatik jawa (Padda Oryzivora) ialah salah satu jenis burung gelatik yang mempunyai banyak penggemar dan tak heran jikalau banyak yang ingin melaksanakan budidaya ternak burung gelatik belong ini.


Burung gelatik belong merupakan salah satu jenis burung pengicau yang mempunyai ukuran kecil dan berasal dari keluarga finch atau pipit atau emprit yang berhabitat orisinil di pulau Jawa dan Bali.


Nah kali ini kita akan membahas perihal cara ternak burung gelatik belong, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Gelatik Belong


Kandang yang perlu disiapkan untuk melaksanakan ternak burung gelatik belong ini harus berukuran cukup besar dan berada diluar ruangan. Kandang sanggup dibuat memakai besi kasa kecil dan pastikan ada sinar yang masuk ke dalam sangkar untuk burung berjemur.


Setelah sangkar jadi, siapkan sarang dalam kandang. Sarang tersebut sanggup dibuat dengan media kayu atau biasa disebut dengan glodok sebagai daerah bertelur dan mengerami telur burung hingga menetas. Dalam glodok tersebut diletakkan jerami kemudian gantung sarang tersebut.


Pemilihan Induk Gelatik Belong


Pilihlah indukan burung gelatik belong yang berkualitas. Pastikan burung gelatik belong betina berusia setidaknya 1 tahun dan tidak dalam kondisi mabung. Pastikan indukan yang dipakai baik jantan maupun betina sudah mempunyai tanda kawin menyerupai sering berkicau dan terlihat lebih aktif juga mengambarkan ketertarikan dengan pasangannya.


Perkawinan dan Proses Bertelur Gelatik Belong


Setelah indukan siap, satukan kedua indukan dalam satu kandang. Saat indukan betina sudah berhasil dikawini dan siap bertelur maka indukan jantan tidak perlu dipisahkan dari sangkar alasannya ialah kedua indukan tersebut akan mengerami telur hingga menetas dan merawatnya hingga sanggup hidup sendiri.


Makanan Gelatik Belong


Pakan yang sanggup diberikan pada burung gelatik belong sanggup berupa pakan alami dalam kondisi segar juga bervariasi, selain pakan dan minum berikan pula vitamin pada burung.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Gelatik Belong Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel