Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula – Zodia (Evodia suaveolens) merupakan salah satu jenis tumbuhan hias sekaligus tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman hias satu ini mempunyai bentuk bunga berukuran kecil berwarna putih, dan mempunyai manfaat ibarat bunga Geranium. Di daratan Papua, bunga ini populer sanggup mengusir nyamuk, selain itu juga sanggup memanfaatkan tumbuhan hias ini untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.


Cara memakai tumbuhan zodia ini untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya yaitu dengan mengebas-ngebaskan daun bunga zodia disudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk atau serangga.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula


1. Siapkan bahan-bahan ibarat biji bunga zodia, pot berukuran kecil hingga sedang, tanah, pupuk kandang, sekam bakar dan media untuk menyemai biji zodia (sebuah wadah dan kapas).


2. Selanjutnya, semaikan biji bunga zodia. Menyemai biji ini berarti akan menumbuhkan sedikit tunas terlebih dahulu dari biji tersebut. Menyemai bibit ini sanggup membutuhkan beberapa hari hingga biji tumbuh tunas. Penyemaian biji tersebut sanggup dilakukan di selembar kapas berair yang diletakkan di sebuah wadah dengan selalu menjaga kelembaban kapas.


3. Untuk media tanamnya, sanggup siapkan pot dari berukuran kecil hingga sedang, kemudian isi dengan media tanam berupa adonan antara tanah dengan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 2 : 1. Campuran tanah ini juga sanggup ditambahkan dengan sekam bakar secukupnya.


4. Setelah media tanah siap dan biji zodia sudah siap, selanjutnya sanggup dilakukan penanaman. Jangan meletakkan biji yang sudah mempunyai tunas kecil terlalu dalam di tanah, cukup hingga tunas tertutup sedikit dengan tanah. Agar tunas tetap sanggup tumbuh dengan baik tanpa perlu menerobos tanas. Membutuhkan waktu sekitar 1-2 ahad hingga bunga zodia benar-benar sanggup terlihat tumbuh tanamannya.


5. Atau cara lain dengan pribadi beberapa biji bunga zodia ke dalam pot. Perbandingan media tanahnya juga sama yaitu 2 : 1 antara tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.


6. Tunggu biji bunga zodia akan nampak tumbuh sekitar 2 ahad lamanya. Jaga selalu kelembaban dalam tanah mencegah untuk biji bunga zodia mengalami kekeringan.


7. Saat dalam pot berupa tunas kecil, maka sanggup menyiramnya dengan semprotan tanaman. Karena jikalau menyiramnya langsung, ditakutkan air yang disiramkan terlalu banyak sehingga biji bunga zodia tersebut akan berpindah posisi. Terlebih, air yang terlalu banyak ditakutkan sanggup menciptakan biji zodia yang gres tumbuh tunas akan membusuk.


8. Perawatan bunga zodia juga terbilang sederhana, yaitu hanya perlu menjaga biar tumbuhan ini tidak kering. Sehingga bunga zodia ini sanggup dilakukan penyiraman 1-2 kali dalam sehari. Penyiramannya jangan hingga menggenang, penyiraman tersebut hanya hingga air meresap ke dasar por sehingga bunga zodia terbebas dari kekeringan.


Karena bunga zodia ini sangat menyukai sinar matahari, maka letakkan di kawasan yang mempunyai sinar matahari yang cukup dan udara yang baik. Jika diletakkan dalam ruangan, maka segarkan tumbuhan tersebut, diletakkan di luar ruangan setiap 3/4 hari sekali. Tetapi kesejukan oksigen tetap harus bunga zodia dapatkan, caranya dengan meletakkan bunga zodia diluar ruangan dalam interval waktu tertentu. Tetap lakukan penyiraman 1-2 kali sehari.


Lakukan proteksi pupuk secara rutin setiap sebulan sekali untuk menunjang nutrisi bunga zodia. Untuk proteksi pestisida sendiri sanggup dilakukan seperlunya saja alasannya ialah zat kimia yang terkandung dalam pestisida akan menjadikan pengaruh negative terhadap tumbuhan itu sendiri.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel