Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga


Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Bunga Celosia (Celosia argentae L. var plumose) merupakan jenis tumbuhan semusim yang masih satu family Amaranthaceae atau bayam-bayaman. Nama lain bunga celosia diantaranya ialah Jengger Ayam (Jawa), Jawer Kotok (Sunda), Bayam Biludu (Sumatera).


Bunga celosia ini mempunyai bermacam-macam warna yang manis diantaranya ialah ungu, merah, kuning, ungu, dan kombinasi warna tersebut. Bunga tersebut muncul pada bab ujung ranting.



Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula


Cara Menanam Bunga Celosia


Sebelum ditanam di luar, maka benih bunga celosia sebaiknya di semai di bawah naungan sekitar 6 ahad sebelum tanam. Bibit bunga tersebut sanggup diperoleh dengan membeli di toko bibit atau mengambilnya eksklusif dari tumbuhan induk.


Bagi yang tidak mempunyai halaman yang terlalu luas, bunga celosia sanggup diletakkan di polybag atau pot berukuran kecil hingga sedang dan diletakkan di teras rumah yang cukup tersinari matahari. Jika semua sudah siap tanam, siapkan media tanam berupa adonan tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Penanaman tersebut dilakukan dengan jarak sekitar 6-12 inchi sesuai keinginan.


Cara Merawat Bunga Celosia


Bunga celosia menyukai lingkungan tanah dengan drainase yang baik juga mendapat sinar matahari secara cukup. Untuk itu, pastikan tanah selalu mendapat air yang mencukupi dan bunga celosia mendapat sinar matahari secara cukup. Lakukan penyiraman bunga celosia tersebut secara rutin minimal 1 hari sekali. Penyiraman sanggup dilakukan di pagi hari atau di sore hari. Penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja jangan hingga air menggenang di permukaan tanah untuk mencegah akar tumbuhan gampang mengalami pembusukan.


Agar nutrisi yang diperlukan tumbuhan bunga celosia terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik maupun pupuk kimia dengan takaran sesuai anjuran.


Lakukan pula pemangkasan secara rutin, pemangkasan tersebut dilakukan pada bunga dan daun yang layu biar tidak mengganggu bab tumbuhan yang lain. Jika perlu, berikan pupuk perangsang pertumbuhan kelopak bunga pada bunga celosia biar sanggup mekar secara maksimal.


Lakukan pula pergantian media tanah secara rutin tumbuhan bunga celosia untuk mencegah perubahan pH tanah yang terlalu ekstrim yang sanggup menjadikan tumbuhan keracunan dalam kurun waktu tertentu.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel