Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula – Rumput gandum atau wheatgrass merupakan rumput yang mengandung banyak vitamin juga banyak sekali nutrisi penting untuk menjaga pikiran dan badan senantiasa sehat. Tapi sayangnya, harga rumput gandum ini masih sangat mahal.


Biasanya rumput gandum dikonsumsi dengan cara dibentuk jus. Jus rumput gandum ini merupakan salah satu sumber klorofil terbaik ketika ini, dimana klorofil mempunyai banyak manfaat. Manfaat rumput gandum bagi kesehatan diantaranya yaitu:



  • Penting untuk pertumbuhan sel darah merah

  • Dapat mencegah penuaan dini.

  • Dapat membunuh kuman yang tidak baik bagi tubuh.

  • Dan lain sebagainya.


Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula


Persiapan Bibit Rumput Gandum


Benih rumput gandum sanggup diperoleh dengan membelinya. Sangat disarankan untuk menentukan benih rumput gajah organik dari penjual tumbuhan atau benih organik.


Setelah benih siap, semaikan benih. Selanjutnya, benih rumput gandum dicuci dengan air bersih, kemudian tiriskan dan pindah ke dalam mangkok. Tambahkan air cuek ke dalam mangkok berisi benih tersebut, tutup memakai plastik selama kurang lebih 10 jam atau semalaman. Ulangi proses perendaman tersebut hingga tiga kali, dan pada rendaman terakhir biasanya akan muncul akar yang membuktikan benih sudah siap tanam.


Cara Menanam Rumput Gandum


Jika bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Siapkan nampan untuk daerah tanam kemudian lapisi nampan tersebut dengan kertas, hal ini untuk mencegah akar tumbuhan tidak menembus nampan. Setelah itu, lapisi dengan kompos setebal 5 cm.


Jika sudah, sebarkan benih secara merata diatas lapisan kompos kemudian tekan perlahan tapi jangan hingga terkubur. Setiap bibit diberi jarak supaya ruang tumbuhnya leluasa. Setelah itu, semprotkan air pada media tanam kemudian tutup dengan kertas koran yang lembab untuk menjaga kelembaban benih rumput gandum yang gres bertunas.


Selama pertumbuhan tunas, kelembaban benih dijaga dengan membasahi media tanam tapi sebelumnya buka kertas korannya. Setelah 4 hari, kertas koran sanggup dilepas.


Cara Merawat Rumput Gandum


Rumput gandum akan mulai bertumbuh, lakukan penyiraman secara teratur minimal satu kali sehari. Hindari letakkan tumbuhan pada area yang terkena sinar matahari langsung, alasannya ialah sengatan matahari yang terlalu panas sanggup merusak rumput. Tempatkan pada area yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari.


Masa Panen Rumput Gandum


Pemanenan rumput gandum sanggup dilakukan sesudah berumur 9-10 hari atau telah mencapai ketinggian sekitar 15 cm. Ciri lain rumput gandum telah siap panen yaitu rumput mulai membelah dan muncul bilah rumput kedua dari pucuk pertama.


Pemanenan rumput gandum ini dilakukan dengan memotong rumput sempurna di atas akarnya, bila sudah dipanen sanggup disimpan dalam lemari es supaya rumput gandum sanggup disimpan lebih lama, tapi tidak lebih dari satu minggu.


Rumput gandum biasanya diolah menjadi sari minuman atau dijus. Pasca panen, penggalan rumput gandum yang tersisa masih sanggup ditumbuhkan lagi. Berikan penyiraman yang teratur menyerupai awal dan tunggu tunas gres muncul dan menghasilkan helai daun.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel