Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan

Cara Menanam Bambu Yang Baik dan Benar



Cara Budidaya Bambu – Bambu merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat, selain sebagai tumbuhan perintis, bambu sanggup dipergunakan sebagaimana tumbuhan berkayu lainnya. Hanya saja bambu mempunyai sejumlah kelebihan, contohnya batangnya yang elastis cenderung tidak praktis patah, dinding kayu yang keras, serta pemanfaatannya yang berulang.


 Bambu merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan


Berlaku sekali tanam dan babat untuk kayu lain, tetapi tidak untuk pohon bambu. Selama masih hidup tumbuhan ini bisa dipergunakan terus menerus, dalam jangka waktu lama, hingga puluhan bahkan ratusan tahun.


Budidaya Pohon Bambu


Cara budidaya bambu gotong royong tidaklah terlampau sulit, meskipun demikian diharapkan pengetahuan yang lengkap perihal teknik budidaya yang baik biar tanamannya tumbuh baik dan menghasilkan rumpun yang hidup berkesinambungan. Diperlukan persiapan yang matang terkait budidaya pohon bambu, mulai dari pembibitan, perawatan, hingga tumbuhan siap panen.


Penyiapan Bibit Bambu


Langkah pertama dari rangkaian cara tanam bambu yaitu menyiapkan bibit yang bisa dilakukan dengan cara stek batang, rhizome atau cabang. Beda jenis bambu bisa jadi beda cara mempersiapkan bibitnya. Misalnya untuk bambu petung pembibitan bisa dilakukan dengan ketiga jenis stek. Untuk bambu apus, stek cabang dan rhizom saja yang disarankan, sedangkan bambu kuning bisa memakai teknik pembibitan stek rhizom. Jika tidak ingin ribet mempersiapkan bibit sendiri, kalian bisa membelinya, akan tetapi kalian harus paham betul jenis bambunya, serta bisa membedakan bibit yang baik dan tidak.


Mempersiapkan Media Tanam


Lubang tanam bisa dibentuk dengan ukuran yang berbeda-beda, tergantung ketersediaan lahan dan bibit yang akan dikembangbiakkan. Sebelum penanaman dilakukan media tanam diisi dengan pupuk ditambah dengan dedaunan dan tanah hasil galian, lalu dikomposkan kurang lebih 2 bulan.


Kalian bisa menanam bambu di mana saja, bambu tumbuh baik di tempat dataran rendah maupun tinggi. Bahkan untuk jenis bambu air, bisa tumbuh di area grey water. Begitu pula dengan cara menanam jenis bambu Jepang, akan berbeda pula alasannya tumbuhan bambu ini tergolong tumbuhan indoor yang bisa ditanam di tanah terbuka maupun pot.


Penanaman


Waktu yang paling disarankan untuk menanam bambu yaitu pada ekspresi dominan hujan, sekitar bulan Desember hingga Januari atau paling lambat Februari, bibit bambu sudah harus ditanam di lubang yang telah dikomposkan.


Perawatan


Setelah ditanam, pohon bambu membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang sempurna biar bisa tumbuh dengan baik. Kegiatan pemeliharaan tumbuhan bambu mencakup penyiangan dan pencucian tumbuhan dan lingkungan sekitar area tanam, penyemprotan herbisida atau pestisida untuk mengatasi gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang sudah mulai tumbuh tinggi dan penjarangan, upaya perawatan bisa bervariasi tergantung pada usia tanaman.


Tips Budidaya Bambu


Bambu memang menarik untuk ditanam di lingkungan rumah. Selain bisa mempercantik, bambu pun bisa dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan. Meskipun demikian, penting bagi calon pembudidaya bambu untuk mengetahui bambu apa yang sempurna untuk ditanam di lahan yang tersedia.


Bambu seringkali menimbulkan persoalan menyerupai rumpun lebatnya yang menutup pandangan atau mengganggu tumbuhan lain. Jika kalian memang ingin menciptakan sebuah kebun khusus berisikan tumbuhan bambu, maka tidaklah menjadi masalah. Sedangkan kalau halaman rumah yaitu pilihan tempat tanam, akan lebih baik untuk menanam bambu yang pertumbuhannya mengumpul, bukan menyebar.


Selain memilih jenis bambu yang akan ditanam, penting pula untuk mengetahui seluk beluk perawatan tumbuhan multifungsi ini, alasannya perawatan pohon bambu akan berbeda-beda bergantung pada kondisi dan usia tumbuhnya.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjunganya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



 


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel