Cara “Sukses” Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Cara Budidaya Cacing Tanah Untuk Pemula



Cara Budidaya Cacing Tanah – Dalam hal ini ada banyak jenis cacing tanah yang biasa dibudidayakan, akan tetapi sebagian besar cacing tersebut berasal dari famili Megascolicidae dan Lumbricidae. Secara lebih spesifik lagi, jenic cacing tanah yang ketika ini biasa dibudidayakan yaitu Pheretima, Periony dan Lumbricus.


 Cara Budidaya Cacing Tanah Untuk Pemula Cara “Sukses” Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus


Ketiga jenis cacing ini sama-sama menyukai materi organik yang berasal dari sisa-sisa flora atau pupuk kandang. Akan tetapi disini pembicaraan yang akan dilakukan lebih berfokus pada jenis cacing Lumbricus Rebellus.


Persyaratan Lokasi Budidaya


Kesuksesan budidaya cacing tanah sangat dipengaruhi oleh cara ternak yang diterapkan. Karena itu peternak cacing Lumbricus Rebellus hendaknya mengetahui cara yang sempurna dalam membudidayakan cacaing jenis ini. Salah satu faktor penentu kesuksesan dalam membudidayakan cacing tanah yaitu lokasi budidaya.


Media utama yang harus dipersiapkan yaitu tanah yang mengandung banyak zat organik. Bahan-bahan organik tersebut sanggup diperoleh dari dedaunan, kotoran binatang atau binatang maupun tumbuhan yang sudah mati. Dan untuk tempatnya sendiri, bak yang sudah kering juga sanggup dijadikan daerah pembudidayaan yang cukup baik.


Agar pertumbuhan cacing tanah berjalan dengan baik, cacing tanah membutuhkan tanah yang agak asam atau tanah yang mengandung pH sekitar 6-7,2. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan terkait dengan cara budidaya cacing tanah yaitu kelembaban tanah. Kelembaban tanah yang optimal untuk pertumbuhan cacing tanah yaitu sekitar 15-30%, sedangkan suhu yang ideal untuk pertumbuhan dan penetasan yaitu sekitar 15-25% Celcius, satu tips lagi yang juga perlu diperhatikan yaitu memastikan bahwa daerah pembiakan cacing tanah terhindar dari sinar matahari langsung.


Pemilihan Bibit


Untuk memperoleh hasil produksi yang baik diharapkan bibit yang baik. Bibit cacing tanah sanggup diperoleh di beberapa tempat, dalam hal ini sanggup memakai bibit yang memang dijual di pasaran atau dengan mencarinya sendiri di alam.


Akan tetapi untuk budidaya dalam skala besar, cara beternak yang sempurna yaitu dengan mencari bibit cacing tanah dengan membelinya di pasaran. Namun bila gres ingin mencar ilmu membudidayakan cacing tanah dan tidak mempunyai modal yang cukup besar, mencari bibit cacing tanah di alam juga sanggup menjadi alternatif pilihan yang cukup tepat.


Pemeliharaan Cacing Tanah Lumbricus Rebellus


Dalam pemeliharaan cacing tanah Lumbricus Rebellus ada tiga hal yang harus diperhatikan. Ketiga hal tersebut yaitu pinjaman pakan, penggantian media dan proses kelahiran. Untuk pinjaman pakan, hendaknya cacing tanah diberi makan satu kali dalam sehari. Banyaknya makanan yang diberikan yaitu seberat cacing tanah yang ditanam. Pakan cacing tanah sanggup memakai kotoran hewan, akan tetapi teknik pinjaman pakan juga harus diperhatikan.


Sebelum pakan diberikan, hendaknya pakan dibentuk menjadi bubur atau bubuk terlebih dahulu. Hal ini sanggup dilakukan dengan memblender pakan cacing tanah. Setelah itu pakan ditaburkan secara merata di atas media dan ditutup dengan materi yang tidak tembus cahaya. Dalam teknik budidaya cacing tanah, penggantian media juga harus dilakukan. Media yang sudah menjadi tanah atau mengandung banyak telur harus diganti dan semoga cacing cepat berkembang mak telur, anak cacing dan cacing remaja harus dipisahkan.


Untuk proses kelahirannya sendiri diharapkan media untuk pembuatan sarang. Media tersebut yaitu kotoran hewan, daun-daunan atau buah-buahan, limbah rumah tangga ataupun kertas. Bahan-bahan yang telah tersedia dipotong sepanjang 2,5 cm lalu ditambahkan dengan air dan diaduk semoga merata. Setelah itu barulah materi dicampur dengan kotoran binatang dengan perbandingan 70:30 untuk materi campuran.


Panen Cacing Tanah


Kualitas panen cacing tanah dipengaruhi oleh banyak hal, selain teknik beternak, kualitas panen juga dipengaruhi oleh lokasi pembudidayaan. Hasil dari budidaya cacing tanah ini biasanya mencakup dua hal yaitu biomas dan bekas cacing itu sendiri. Cara untuk memanen cacing tanah sangatlah mudah, hanya dengan menempatkan lampu neon atau petromax di atas media, maka cacing tanah akan berkumpul di serpihan atas media. Setelah itu, proses pemisahan antara cacing dan media sanggup dilakukan dengan mudah.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara “Sukses” Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel